Netral English Netral Mandarin
11:58wib
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku siap maju menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Presiden Joko Widodo ingin agar pelaksanaan penyuntikan booster vaksin Covid-19 dilakukan mulai awal 2022.
Pimpinan Komisi VIII Apresiasi Gerak Cepat Kemensos Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Rabu, 25-Agustus-2021 22:20

Rieke Diah Pitaloka
Foto : Istimewa
Rieke Diah Pitaloka
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Rieke Diah Pitaloka menilai kinerja Kementerian Sosial (Kemensos) dalam memberikan pelayanan berupa bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 sudah maksimal.

Diah mengatakan, kebijakan berupa Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST) hingga Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) sudah memberikan dampak yang cukup signifikan kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Diah dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR dengan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu (25/8/2021).

“Pada saat pandemi ini banyak sekali masyarakat yang terdampak, apalagi ditambah dengan adanya kebijakan PPKM, tetapi Kemensos langsung menanggapi permasalahan tersebut dengan meluncurkan program-program bantuan yang bermanfaat kepada masyarakat,” kata Diah dilansir dari laman dpr.go.id.

Diah juga mengapresiasi langkah cepat Kemensos dalam merespon cepat permasalahan anak-anak yang menjadi yatim piatu akibat Covid-19. Ia meminta agar anak yang menjadi korban mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah karena jumlah yang terdampak sebanyak 11.045 anak.

“Saya dapat pesan langsung Bu Menteri untuk menanyakan langsung bagaimana nasib anak-anak yatim piatu yang terdampak (pandemi Covid-19) itu. Kita tahu Kemensos sudah bergerak cepat, tetapi kita ingin agar pemerintah menjamin masa depannya (anak-anak yatim piatu),” ujar politisi PDIP itu.

Seperti yang diketahui, selain melakukan pendataan, Kemensos juga memberikan dukungan melalui Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Program itu mencakup pemenuhan kebutuhan obat-obatan, vitamin, tes swab/PCR, vaksinasi, konseling anak serta keluarganya, dan kebutuhan dasar anak lainnya.

Selanjutnya, Kemensos juga mereunifikasi anak dengan keluarga besarnya, serta memfasilitasi pengasuhan alternatif melalui pengasuhan oleh orangtua asuh/wali/pengangkatan anak dan pengasuhan melalui panti. 

 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P