Netral English Netral Mandarin
banner paskah
00:29wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
Plh Bupati Sukabumi Beberkan Alasan Menko Luhut Prioritaskan Pengembangan Pantai Ujunggenteng

Kamis, 25-Februari-2021 23:40

Pantai Ujunggenteng, Sukabumi, Jawa Barat.
Foto : Disparbud Jabar
Pantai Ujunggenteng, Sukabumi, Jawa Barat.
28

SUKABUMI, NETRALNEWS.COM - Pengembangan Pantai Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mendapat prioritas dari pemerintah pusat, karena dinilai memiliki potensi wisata dan perikanan laut yang luar biasa yang harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Pemerintah pusat khususnya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI sangat tertarik untuk mengembangkan pantai yang masuk dalam kawasan Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu," kata Plh Bupati Sukabumi Zainul di Sukabumi, Kamis (25/2/2021).

Menurutnya, ketertarikan pemerintah pusat bahkan memprioritaskan pengembangan pantai yang ada di Kecamatan Ciracap terungkap saat rapat koordinasi secara daring atau online dengan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan pada Pada Rabu, (24/2).

Bahkan, Menteri Luhut pun sangat terpukau dengan pantai Ujunggenteng yang memiliki segudang potensi di sektor pariwisata dan perikanan, sehingga dalam rakor tersebut pemerintah pusat memprioritaskan pembangunan kawasan objek wisata andalan yang berada di selatan Kabupaten Sukabumi.

Lanjut dia, Jendral TNI purnawirawan tersebut dalam rakor daringnya pun menginginkan adanya percepatan pembangunan untuk menunjang sarana dan prasarana pantai itu yang tujuannya untuk bisa menarik wisatawan hingga investor, agar pendapatan masyarakat sekitar terdongkrak.

Zainul menambahkan dengan adanya perhatian dari pemerintah pusat, tentunya kebanggaan tersendiri bagi Pemkab Sukabumi dan masyarakat, maka dari itu dengan adanya program yang diberikan pusat harus didukung karena tujuan akhirnya untuk mendongkrak perekonomian warga.

"Dengan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah pusat, pembangunan Pantai Ujunggenteng akan lebih tertata sehingga wisatawan domestik hingga mancanegara tertarik datang untuk menikmati objek wisata dan potensi perikanannya," tambahnya.

Ia mengatakan Pantai Ujunggenteng sudah masuk dalam tata ruang kawasan pusat pariwisata dan perikanan di Kabupaten Sukabumi. Maka dari itu, dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat tersebut harus didukung sepenuhnya, apalagi berbagai pembangunan sarana khususnya akses jalan difasilitasi pusat.

Pihaknya pun optimistis dengan adanya dukungan apalagi pemerintah pusat memprioritaskan pengembangan Pantai Ujunggenteng taraf ekonomi warga bisa terus meningkat.

Di sisi lain, tidak jauh dari Pantai Ujunggenteng tepatnya di pantai Pangumbahan terdapat lokasi pendaratan dan konsevasi penyu, tentunya ini merupakan keunggulan tersendiri, karena tidak seluruh pantai dijadikan tempat oleh penyu untuk berkembangbiak. Demikian seperti dilansir Antara.  

Reporter :
Editor : Irawan HP