Netral English Netral Mandarin
23:13 wib
Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri akan digelar pada Rabu (20/1/2021). Polda Metro Jaya menjadwalkan pada Rabu (20/1/2021) gelar perkara terkait kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara ulang tahun Ricardo Gelael yang dihadiri Raffi Ahmad.
Penggunaan Vaksin Covid-19 Tunggu Fatwa, TG: Solusinya Bubarkan LMS MUI

Jumat, 08-January-2021 15:35

Dewan Pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Teddy Gusnaidi
Foto : Istimewa
Dewan Pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Teddy Gusnaidi
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dewan pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Teddy Gusnaidi menyatakan vaksinasi Covid-19 harus segera dilaksanakan.

Terkait adanya pernyataan vaksin Covid-19 tak bisa digunakan tanpa Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Teddy memiliki solusi. Cukup dengan membubarkan MUI.

"Segera saja jangan kelamaan, kalau kelamaan maka harus ada solusi agar supaya vaksinnya bisa segera digunakan oleh rakyat Indonesia," kata Teddy dalam akun @TeddyGusnaidi.



"Solusinya sangat mudah, cukup dengan membubarkan LSM MUI. @MUIPusat @MajelisUlamalD," lanjutnya.

 

Diketahui vaksin Sinovac yang sudah diedarkan belum memiliki fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Karena itu, pelaksanaan vaksinasi tetap harus berdasarkan fatwa MUI. 

 

"Jadi perlu saya tegaskan pemerintah tidak akan pernah melakukan vaksinasi ke berbagai daerah di lapangan kepada semua orang tanpa ada fatwa dari MUI mengenai kehalalan dari vaksin itu," kata Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi, Selasa (5/1/2021) lalu 

 

Terus bagaimana dengan vaksin yang sudah diedarkan? Menurut Masduki, hal itu semata-mata untuk persiapan ketika vaksinasi siap dilaksanakan serentak.

 

"Jadi yang dikirimkan ke daerah itu, menurut Menteri Kesehatan ketika menghadap Wapres, lebih karena supaya serentak dilakukan vaksinasi," ujarnya.

 

Tapi yang jelas, fatwa MUI tidak boleh diabaikan. "Tapi sama sekali tidak akan meninggalkan, mengabaikan fatwa dari MUI. Itu penting," jelasnya.

 

Sementara  Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh menyampaikan bahwa tim auditor MUI telah menuntaskan pelaksanaan audit lapangan terhadap vaksin CoronaVac, vaksin Covid-19 produksi perusahan Sinovac, pada Selasa (5/1/2021).

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sesmawati