Netral English Netral Mandarin
02:35wib
Relawan Sahabat Ganjar kembali melakukan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden 2024. Penembakan seorang ustad bernama Armand alias Alex di depan rumahnya Jalan Nean Saba, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Tangerang hingga kini masih menjadi misteri.
PNM Siap Bantu UKM dan Wisata Cimahi, Ini Syaratnya

Senin, 13-September-2021 11:20

Wisata Cimahi siap mendapat dukungan dari PNM.
Foto : Kemenparekraf
Wisata Cimahi siap mendapat dukungan dari PNM.
23

BANDUNG, NETRALNEWS.COM - Para pengusaha UMKM di Cimahi dan sekitaranya bakal mendapat tambahan modal dari kolaborasi Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Permodalan Nasional Madani (PNM)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan PNM sebagai BUMN yang bergerak di bidang permodalan usaha dapat mempermudah akses permodalan bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kita ingin tingkatkan kerja sama dengan PNM, mungkin dalam kapasitas MoU dan perjanjian kerja sama untuk memberi akses kepada 34 juta pelaku parekraf yang butuh sentuhan bantuan permodalan dari PNM," kata Sandiaga Uno, Minggu, (12/9/2021).

Ada beberapa program milik Kemenparekraf/Baparekraf yang dapat dikolaborasikan dengan PNM. Di antaranya Kelas Keuangan, Temu Bisnis, dan pengembangan desa wisata.

"Mudah-mudahan ini semua menjadi momentum keberkahan dan semoga menjadi energi positif untuk kita semakin optimistis, bangkit dan memajukan perekonomian Indonesia," katanya.

Selain itu, Sandiaga juga mendorong agar para pelaku ekonomi kreatif dari kalangan perempuan dan ibu-ibu untuk bergabung dengan PNM yang memiliki program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). Diketahui, ada 10,8 juta pengusaha perempuan yang telah bergabung dengan program PNM Mekaar.

"Pengusaha mikro perempuan ini akan diberi dukungan tambahan dan spesifik dalam menjalankan keberlangsungan bisnisnya," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis PNM, Kindaris, mengatakan pihaknya siap berkolaborasi dengan Kemenparekraf untuk mengembangkan UMKM di Cimahi dan Indonesia.

"Mudah-mudahan kita bisa terus berkolaborasi dan mohon dukungannya Pak Menteri," kata Kindaris.

Menanggapi hal tersebut, Plt Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas komitmen yang disampaikan Menparekraf Sandiaga dan Kindaris.

"Ini bentuk perhatian dari pemerintah pusat yang mana Pak Menteri memperhatikan usaha kecil dan menengah di Kota Cimahi," ucap Ngatiyana.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati