Netral English Netral Mandarin
12:22wib
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Minggu 1 Agustus 2021. Seluruh gerai Giant di Indonesia resmi tidak lagi beroperasi di Indonesia mulai hari ini, Minggu (1/8/2021).
Polemik Jalur Sepeda, PA 212: Itu Upaya Jegal Anies Maju Pilpres 2024

Senin, 21-Juni-2021 13:50

Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin
Foto : Istimewa
Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212, Novel Bamukmin, menilai wacana pembongkaran jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta, sarat muatan politik.

Novel berpendapat bahwa wacana tersebut digulirkan untuk menjegal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju Pilpres 2024.

"Jelas kepentingan politik untuk menjegal Anies di Pilpres 2024," kata Novel kepada netralnews.com, Senin (21/6/2021).

Menurutnya, pihak-pihak yang mempersoalkan jalur sepeda itu panik melihat kesuksesan Anies membangun Jakarta.

Karenanya, lanjut Novel, mereka berupaya membuat citra Anies buruk di mata publik, termasuk mempersoalkan kebijakan Anies yang sangat bermanfaat bagi warga Jakarta, seperti pembuatan jalur sepeda itu.

"Jelas itu kepanikan dengan suksesnya Anies membawa Jakarta untuk maju bersepeda dan itu sangat merakyat," ungkap Novel Bamukmin.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengevaluasi keberadaan jalur sepeda permanen di Sudirman-Thamrin.

Sahroni mengusulkan agar jalur sepeda itu sebaiknya dibongkar supaya dapat dilalui oleh semua pengguna jalan. Politisi Partai NasDem itu berpendapat keberadaan jalur sepeda tersebut berpotensi menimbulkan diskriminasi terhadap pengguna jalan lainnya.

"Mohon kiranya Pak Kapolri dengan jajarannya, terutama ada Korlantas di sini, untuk menyikapi jalur permanen dikaji ulang, bila perlu dibongkar dan semua pelaku jalan bisa menggunakan jalan tersebut," kata Sahroni dalam rapat Komisi III DPR dengan Polri, Rabu (16/6/2021).

Menanggapi usulan itu, Jenderal Listyo menyatakan pihaknya setuju apabila jalur tersebut dibongkar sambil mencari solusi terbaik untuk mengatasi persoalan yang timbul akibat adanya jalur khusus itu.

"Prinsipnya, terkait dengan jalur sepeda, kami akan terus mencari formula yang pas, kami setuju untuk masalah (jalur) yang permanen itu nanti dibongkar saja," ujar Kapolri.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati