Netral English Netral Mandarin
11:07 wib
Sejumlah ahli mengkritik penerapan alat deteksi Covid-19 GeNose karena masih tahap ekperimental. Belum bisa dipakai dalam pelayanan publik khususnya screening Covid-19. Polri menegaskan akan menindaklanjuti kasus rasisme yang dialami mantan komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai. Diketahui, Pigai menjadi korban rasis yang dilakukan Ambroncius Nababan.
Polisi Bantah Kabar Tak Benar soal Kondisi Habib Rizieq di Tahanan

Jumat, 08-January-2021 20:15

Kombes Yusri Yunus, Kabid Humas Polda Metro Jaya.
Foto : tribratanews
Kombes Yusri Yunus, Kabid Humas Polda Metro Jaya.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pihak kepolisian menegaskan Rizieq Shihab dalam kondisi sehat selama menjalani penahanan di rumah tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya.

"Sehat, tidak ada masalah," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jumat (8/1/2021).

Yusri juga mengatakan pihak kepolisian setiap harinya melakukan pemeriksaan kesehatan Rizieq.



Bahkan, setiap petugas melakukan pemeriksaan terhadap Rizieq, dokter pribadinya dari MERC turut mendampingi yang bersangkutan.

"Kondisi sekarang bagus, tadi baru dicek lagi. SOP untuk kesehatan dia itu kami lakukan betul, pengecekan didampingi oleh MERC," tambahnya.

Dia pun berharap tidak ada pihak yang menyebarkan kabar tidak benar yang menyebutkan pihak kepolisian tidak menyediakan perawatan medis bagi Rizieq.

"Pengacaranya saja yang bilang tabung (oksigen) tidak dikasih, itu tidak benar," ujar Yusri, seperti dilansir Antara.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dirtahti) Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Rahmat menjelaskan bahwa Rizieq justru menolak perawatan medis dari tim dokter kepolisian.

"Pada saat malam Tahun Baru anggota kan kontrol, dia bilang tidak enak badan, terus dipanggilkan dokter. Sama dokter diperiksa terus dia bilang agak sesak napas, sama dokter diberi oksigen, dia tidak mau. Dia minta oksigen dari rumah," kata AKBP Rahmat saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Rahmat menambahkan jajaran Direktorat Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya selalu memberikan fasilitas terbaik tidak hanya bagi Rizieq Shihab tapi juga seluruh tahanan yang dititipkan di direktoratnya.

Petugas kesehatan kepolisian pun terus melakukan pengecekan kesehatan rutin setiap hari kepada para tahanan. Selain itu juga ada tim dokter yang siaga selama 24 jam untuk para tahanan. Demikian seperti dilansir Antara.

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP