Netral English Netral Mandarin
20:09 wib
Para tenaga medis yang kelelahan diduga menjadi salah satu penyebab meningkatnya angka kematian akibat Covid-19 di DKI Jakarta. Sebab, pada saat yang sama angka penambahan kasus terus meningkat. Keputusan untuk melanjutkan atau tidak operasi gabungan  pencarian dan evakuasi korban serta puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 oleh tim Badan SAR Nasional (Basarnas) bakal diputuskan Senin (18/1).
Polisi Bubarkan Balap Liar di Sepanjang Jalan Khatib Sulaiman Padang

Minggu, 06-December-2020 07:45

Polisi melakukan pembubaran serta mengamankan sepeda motor dari Jalan Khatib Sulaiman yang kerap dijadikan sebagai lokasi balap liar pada malam minggu.
Foto : Antara
Polisi melakukan pembubaran serta mengamankan sepeda motor dari Jalan Khatib Sulaiman yang kerap dijadikan sebagai lokasi balap liar pada malam minggu.
14

PADANG, NETRALNEWS.COM - Ratusan personel Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), membubarkan aksi balap liar yang kerap terjadi di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman pada Sabtu (5/12/2020) malam hingga Minggu dini hari.

"Banyak warga yang mengeluhkan aksi balap liar di Jalan Khatib Sulaiman ini, laporan intelijen pun mengatakan demikian. Hingga akhirnya kami turun ke lokasi untuk membubarkan," kata Kepala Bagian Operasional Polresta Padang Kompol Alwi Askar, di Padang, Minggu (6/12/2020) dini hari.

Berdasarkan laporan diketahui bahwa Jalan Khatib Sulaiman hampir setiap Sabtu malam dijadikan lokasi balap liar, bukan hanya sepeda motor namun juga mobil.

Ratusan personel Polresta Padang dan jajaran akhirnya menyambangi jalan lokasi yang kerap dikeluhkan tersebut sekitar pukul 00.00 WIB.

Ketika iring-iringan mobil polisi sampai di lokasi, sejumlah muda-mudi yang awalnya duduk di sisi kiri dan kanan Jalan Khatib Sulaiman Padang langsung kabur.

"Ditengarai mereka yang duduk itu penonton atau pelaku yang akan melakukan balap liar," katanya.

Pihak kepolisian pun "mengamankan" sejumlah orang, terutama mereka yang melanggar aturan lalu lintas secara kasat mata.

"Pengendara yang tidak memakai helm, kendaraan yang memasang knalpot blong, langsung ditilang," katanya.

Untuk kendaraan yang tidak dilengkapi surat-surat maka diamankan oleh petugas ke Kantor Polresta Padang.

Hingga sekitar pukul 03.00 WIB, polisi mengamankan sebanyak 30 kendaraan yang didominasi kendaraan roda dua.

Alwi mengatakan ke depan pengawasan di Jalan Khatib Sulaiman pada Sabtu malam akan dirutinkan, demi menjamin keamanan serta kenyamanan warga yang melintas sesuai perintah Kapolresta Padang AKBP Imran Amir.

Ia menegaskan pelaku yang terbukti melakukan balap liar akan dijerat dengan pasal 297 Undang- Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman kurungan paling lama 1 tahun atau denda paling banyak Rp3 juta.

Selain Kompol Alwi Askar, kegiatan malam itu juga diikuti oleh Kasat Intelkam Kompol Jon Hendri, Kasat Sabhara Kompol Sayuti Bay, Kasat Lalu Lintas AKP Syukur Hendri Saputra, Kasat Binmas, dan perwira lainnya.

Pada bagian lain, dalam kesempatan itu polisi juga memberikan imbauan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, di kafe atau warung kawasan Khatib Sulaiman.

 



Reporter : Sesmawati
Editor : Sesmawati