Netral English Netral Mandarin
23:17wib
BMKG menyatakan gempa yang terus berlangsung di wilayah Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga merupakan jenis gempa swarm dan perlu diwaspadai. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, mengeluhkan soal aplikasi PeduliLindungi serta harga tes PCR yang dinilai mahal.
Polres Sukabumi Kota Pertemukan Pengurus Ormas yang Sempat Bertikai

Jumat, 01-Oktober-2021 10:00

Polres Sukabumi Kota mempertemukan pengurus dari dua Ormas
Foto : Antara
Polres Sukabumi Kota mempertemukan pengurus dari dua Ormas
9

SUKABUMI, NETRALNEWS.COM - Polres Sukabumi Kota mempertemukan pengurus dari dua organisasi kemasyarakatan (ormas) yang sempat bertikai beberapa waktu lalu di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, agar konflik tidak berkepanjangan dan merembet ke wilayah Sukabumi.

Kegiatan yang diinisiasi Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin dengan menyambangi sejumlah pengurus dari dua ormas, yakni Pemuda Pancasila dan Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar (BPPKB) Banten pada Kamis (30/9), bertujuan untuk meredam dan mendinginkan situasi serta dari masing-masing ormas berkomitmen menjaga suasana kondusif khususnya di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

"Kami sengaja menginisiasi pertemuan ini sekaligus bersilaturahmi dengan para pengurus dari ormas Pemuda Pancasila dan BPPKB Banten Kota Sukabumi untuk bersama-sama melakukan pencegahan terjadinya pertikaian dan menjaga kondusifitas agar bentrokan antardua ormas tidak menjalar ke wilayah hukum kami, apalagi kejadiannya tepat perbatasan Sukabumi-Cianjur," katanya kepada wartawan, di Sukabumi, Kamis (30/9/2021).

Menurut Zainal, pihaknya menggandeng dua ormas ini diharapkan bisa turut membantu pihak kepolisian agar tidak terjadi bentrokan susulan, sekaligus para pengurus bisa mengingatkan seluruh anggotanya agar tidak termakan isu hoaks atau informasi yang belum tentu kebenarannya yang disebarkan oknum tidak bertanggung jawab untuk mengacaukan kondusifitas.

Selain itu, aksi saling serang dan perusakan yang terjadi di wilayah hukum Polres Cianjur ini agar tidak berdampak di kemudian hari, maka pihaknya meminta para pengurus dari kedua ormas ini memperkuat komitmen dan tanggung jawab untuk menjaga kondusifitas di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

"Dalam pertemuan ini pengurus dari dua ormas ini berkomitmen di hadapan kami untuk memperkuat jalinan silaturahmi, komunikasi dan koordinasi serta menghasilkan sejumlah kesepakatan," katanya pula.

Adapun hasil kesepakatan dari kedua ormas tersebut, pertama merasakan prihatin atas kejadian bentrokan antaranggota ormas di wilayah Kabupaten Cianjur hingga menimbulkan korban jiwa. Kedua, memperkuat komitmen kedua belah pihak untuk sama-sama menjaga kondusifitas di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, dan ketiga mengingatkan kedua ormas bahwa permasalahan yang ada sudah ditangani oleh Polres Cianjur melalui mekanisme hukum yang berlaku.

Kemudian yang terakhir atau keempat, masing-masing pengurus mengimbau kepada seluruh anggota dan simpatisannya untuk tidak mudah terpancing dengan berita hoaks yang telah beredar di media sosial.

Ia berharap para pengurus bisa meredam seluruh anggotanya untuk mendinginkan situasi dan menangkal berbagai bentuk provokasi, sehingga tidak mudah tersulut dengan isu-isu yang ingin merusak kondusifitas.

Reporter : Antara
Editor : Wahyu Praditya P