Netral English Netral Mandarin
22:42wib
Ahli patologi klinis Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Tonang Dwi Ardyanto menduga bahwa varian Omicron sudah masuk Indonesia. Sebanyak 10.000 buruh akan menggelar aksi unjuk rasa di tiga tempat, yakni Istana Kepresidenan, Mahkamah Konstitusi, dan Balai Kota DKI Jakarta, hari ini.
PON XX Ditutup, Fahri Hamzah: Semoga Terbuka Mata Dunia biar Gak Gangguin Kita Lagi

Minggu, 17-Oktober-2021 10:02

Fahri Hamzah
Foto : Harian Jogja
Fahri Hamzah
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Usai PON XX ditutup, politikus Fahri Hamzah memberikan apresiasi dan harapannya. 

“#PONXXPapua2021 adalah prestasi besar. Semoga terbuka mata dunia biar gak gangguin kita lagi,” kata Fahri Hamzah, Minggu 17 Oktober 2021. 

“Saya mengucapkan selamat kepada semuanya. Luar biasa! Aku bangga pada kalian semua! #BravoPapuaKita,” imbuhnya.

Sebelumnya, PON Papua 2021 resmi ditutup oleh Wakil Presiden Maruf Amin di Stadion Lukas Enembe pada Jumat (15/10) malam waktu setempat.

Rangkaian acara penutupan PON Papua berlangsung sejak pukul 19.00 WIT. Diawali lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan performa kesenian, termasuk tari tradisional.

Setelah para atlet beriringan masuk arena penutupan PON Papua, Gubernur Papua yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pantiia Besar PON (PB PON) XX 2021, Lukas Enembe, kemudian memberi sambutan.

Wapres Maruf Amin kemudian menutup PON dengan pidato selama lebih kurang 10 menit.

"Dua pekan sudah PON 2020 Papua 2021 terselenggara dan akhirnya kita sampai pada puncaknya di malam hari ini. Atas nama bapak presiden dan saya sendiri selaku wakil presiden dan segenap rakyat Indonesia menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah dan masyarakat Papua atas penyelenggaraan PON 2020 yang sukses."

"Sejarah akan mencatat PON yang untuk pertama kali diselenggarakan di Bumi Cenderawasih berlangsung dengan sukses," kata Maruf dinukil CNN Indonesia.

Dalam pidatonya Maruf juga menyinggung halangan dalam pelaksanaan PON seperti pembangunan berbagai venue yang berstandar internasional dengan jarak jauh satu sama lain, serta menyebut PON 2021 merupakan yang tersulit karena pandemi Covid-19.

"PON 2020 saya nyatakan dengan resmi ditutup, sampai jumpa pada PON 21 nanti," tutup Maruf.

Penutupan PON 2020 kemudian dilambangkan dengan penurunan bendera PON yang diiringi lagu Bagimu Negeri.

PON Papua 2021 secara resmi dimulai sejak 2 Oktober, namun beberapa cabang olahraga telah memulai pertandingan sebelum pembukaan.

PON Papua mempertandingkan 56 cabang olahraga. Sebanyak 6.442 atlet berpartisipasi di pesta olahraga paling bergengsi se-Indonesia tersebut.

Jawa Barat tampil sebagai juara umum PON 2021 dengan mengoleksi 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu. Kontingen Jabar mempertahankan prestasi yang diraih pada PON 2016 ketika menjadi juara ketika menjadi tuan rumah.

Kontingen DKI Jakarta menempati peringkat kedua, hanya unggul tiga perak atas Jawa Timur yang ada di peringkat ketiga.

Selanjutnya PON 2024 akan dilaksanakan di Aceh dan Sumatera Utara.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sulha Handayani

Berita Terkait

Berita Rekomendasi