Netral English Netral Mandarin
20:24wib
Relawan Sahabat Ganjar kembali melakukan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden 2024. Penembakan seorang ustad bernama Armand alias Alex di depan rumahnya Jalan Nean Saba, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Tangerang hingga kini masih menjadi misteri.
Positif Covid, Anggota DPR Isoman di Hotel, DS: Ya Sekali-kali Kasih Apresiasilah, Mereka kan Jarang Positif

Kamis, 29-Juli-2021 12:05

Ilustrasi anggota DPR dan Denny Siregar
Foto : Kolase Netralnews
Ilustrasi anggota DPR dan Denny Siregar
22

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Denny Siregar menyindir kebijakan yang memberikan fasilitas khusus kepada anggota DPR yang dinyatakan positif covid yakni menjalani isoman di hotel.

“Ya sekali-kali kasih apresiasilah buat anggota DPR. Mereka kan jarang positif…,” cuit jahil Denny Siregar, Kamis 29 Juli 2021.

Untuk diketahui, seluruh anggota DPR yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan dinyatakan tanpa gejala kini bisa mendapatkan fasilitas untuk isolasi mandiri (Isoman) di hotel-bintang 3 class="linkparagraph">hotel bintang 3.

Hal itu tertuang dalam surat bernomor SJ/09596/SETJEN DPR RI/DA/07/2021 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar Senin (26/7/2021).

"Bersama ini kami sampaikan dengan hormat bahwa Sekretariat Jenderal DPR RI bekerja sama dengan beberapa hotel, menyediakan fasilitas karantina/isolasi mandiri bagi anggota DPR RI yang terkonfirmasi positif Covid-19, baik tanpa gejala (OTG) maupun gejala ringan dengan isolasi mandiri di hotel," tulis surat tersebut yang dikutip, Selasa (27/7/2021).

Indra pun mengakui bahwa surat tersebut memang ditandatangani oleh dirinya.

Ia menjelaskan, pihaknya mengeluarkan kebijakan itu karena agar kesehatan para wakil rakyat tersebut dapat terjamin ketika mengidap Covid-19.

"Gini, jadi intensitas anggota dewan di dapilnya itu kan sangat tinggi sekali. Peluang anggota dewan untuk positif juga sangat mungkin," kata Indra.

Ia menyebut, sebelum memutuskan sudah melakukan kajian kepada kementerian dan lembaga. Mereka juga memberikan fasilitas hotel untuk menempatkan pegawainya jika ada yang positif Covid-19.

"Tentu kita melakukan survei dan kajian kepada kementerian dan lembaga lain. Kementerian dan lembaga lain itu sudah melakukan mekanisme isolasi mandiri bekerja sama dengan hotel bintang tiga gitu," ujarnya dinukil Kompas.com.

Menurut dia, apabila menggunakan rumah dinas yang di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, ternyata itu tak memungkinkan untuk menjadi tempat isoman pasien positif Covid-19. 

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Wahyu Praditya P