Netral English Netral Mandarin
04:45 wib
Kementerian Kesehatan menegaskan, hampir tak mungkin seseorang yang divaksin Sinovac terinfeksi virus corona karena vaksin. Sebab, vaksin tersebut berisi virus mati. Indonesia menempatkan tiga wakilnya pada babak perempat final Toyota Thailand Open 2021 yang akan berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Jumat (22/1).
Positif COVID-19, Anies Sebut Dirinya Baik-baik Saja dan Isolasi Diri di Rumah Dinas

Selasa, 01-December-2020 11:20

Gubernur DKI Anies Baswedan menyampaikan hasil tes swab dirinya positif COVID-19.
Foto : Twitter @aniesbaswedan
Gubernur DKI Anies Baswedan menyampaikan hasil tes swab dirinya positif COVID-19.
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menyampaikan bahwa dirinya positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap (swab) PCR yang keluar pada Selasa (1/12/2020). Meski demikian, ia bersyukur dalam kondisi baik dan tanpa gejala. 

"Kepada warga Jakarta, izinkan saya memberi penjelasan tentang kondisi saya saat ini. Mari kita saling jaga dan saling dukung. Semoga kita semua terus diberi kesehatan oleh Allah SWT," kata Anies melalui cuitan di akun Twitter pribadi @aniesbaswedan, Selasa ini.

Ia mengungkapkan, dirinya telah beberapa kali mengikuti tes usap di mana pada Rabu 25 November 2020 telah dinyatakan negatif. Namun, setelah Wakil Gubernur Riza Patria positif, dan Anies merasa ada interaksi cukup ketat, Pada hari Minggu lalu, ia berinisiatif melakukan swab antigen, dan hasilnya masih negatif.



"Senin 30 November, saya swab PCR untuk mengkonfirmasi hasil swab antigen, dan ternyata dini hari saya dapat kabar positif COVID-19," ujarnya melalui channel Youtube. 

Ia juga menyatakan, dirinya sengaja umumkan hal ini pada kesempatan pertama sesuai dengan kebijakan penanganan COVID-19 di DKI Jakarta yang terbuka, tidak dikurangi dan tidak ditambahi. "Begitu juga dengan situsai saya hari ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Anies juga meminta bagi pihak yang telah berinteraksi dengan dirinya beberapa hari terakhir ini, bisa langsung melakukan langkah yang dibutuhkan seperti isolasi mandiri, atau tes usap PCR. 

"Bagi siapapun yang bertemu saya beberapa hari terakhir ini, silakan ke puskesmas terdekat untuk menjalani tes usap. dan tim tracing dari Dinkes juga akan mendata, mencatat semua kontak erat, seluruh prosedur terkait akan dijalankan," tegasnya. 

Anies menambahkan, ia mengisolasi diri di rumah dinas dan tinggal sendiri, sementara keluarganya akan tinggal di rumah pribadi. 

"Saya akan tetap bekerja di rumah secara virtual, kita memang sudah biasa bekerja dan insyaallah tidak akan ada gangguan dalam proses pengambilan keputusan dan juga dalam proses pemerintahan," tegasnya.
 

Reporter :
Editor : Irawan HP