Netral English Netral Mandarin
16:11wib
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengkritik peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai pengawas keuangan negara, namun tidak ada pihak ketiga yang mengawasinya. Para ilmuwan di Afrika Selatan mendeteksi varian Covid-19 baru yang memiliki banyak mutasi. Varian ini disinyalir jadi penyebab tingginya penyebaran kasus di negara tersebut.
PPKM Darurat Akan Dilonggarkan Secara Bertahap Mulai 26 Juli, Dengan Catatan...

Selasa, 20-Juli-2021 22:20

Presiden Jokowi
Foto : Istimewa
Presiden Jokowi
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali hingga 25 Juli 2021. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap mulai 26 Juli 2021, dengan catatan kasus Covid-19 mengalami tren penurunan lima hari ke depan.

"Kita selalu memantau, memahami dinamika di lapangan dan juga mendengar suara-suara masyarakat yang terdampak dari PPKM," kata Presiden dalam konferensi pers virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (20/7/2021) malam.

"Karena itu jika tren kasus terus mengalami penurunan maka tanggal 26 Juli 20021, pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap," sambung Jokowi.

Dijelaskan Presiden, pembukaan secara bertahap akan diberlakukan di beberapa sektor, terutama usaha kecil dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat yang pengaturannya akan ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Untuk pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok sehar-hari, akan diizinkan dibuka sampai pukul 20.00 WIB dengan kapasitas pengunjung 50%.

"Pasar tradisional selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, diizinkan dibuka sampai dengan pukul 15.00 dengan kapasitas maksimal 50%, tentu saja dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, yang pengaturannya akan ditetapkan oleh pemerintah daerah," tutur Presiden.

Kemudian pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet ponsel, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan bermotor, dan usaha kecil lainnya yang sejenis juga diizinkan dibuka secara bertahap mulai 26 Juli 2021.

"Tentunya dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 21.00 WIB yang pengaturannya, teknisnya akan diatur oleh pemerintah daerah," ucap Presiden.

Selain itu, untuk warung makan, pedagang kaki lima, pelapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan dengan ketat sampai pukul 21.00 WIB.

"Dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 30 menit," terang Presiden Jokowi.

Sedangakan kegiatan lain pada sektor esensial dan kritikal baik di pemerintah maupun swasta serta terkait dengan protokol perjalanan akan dijelaskan secara terpisah.

“Saya minta kita semua bisa bekerja sama, bahu membahu untuk bisa melaksanakan PPKM ini dengan harapan kasus akan segera turun dan tekanan kepada rumah sakit juga menurun," ungkapnya.

"Untuk itu kita harus meningkatkan kedisiplinan dan menerapkan protokol kesehatan, melakukan isolasi terhadap yang bergejala, dan memberikan pengobatan sedini mungkin kepada yang terpapar,” jelas Presiden.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P

Berita Terkait

Berita Rekomendasi