Netral English Netral Mandarin
12:20wib
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan melaporkan Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan pencemaran nama baik. Bupati Kolaka Timur (Koltim) Andi Merya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK.
PPKM Darurat Berlaku di DKI Jakarta dan 5 Provinsi Lainnya

Rabu, 30-Juni-2021 16:40

Presiden Jokowi
Foto : Istimewa
Presiden Jokowi
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah sedang memfinalisasi rencana kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Darurat untuk menanggulangi lonjakan kasus Covid-19.

Namun dia mengatakan, kebijakan itu hanya akan diterapkan di 44 kabupaten/kota dalam 6 provinsi di Pulau Jawa dan Bali.

"Khusus hanya di Pulau Jawa dan Pulau Bali, karena ada 44 kabupaten serta kota dan 6 provinsi yang nilai asesmennya 4," kata Jokowi dalam pidato di Munas Kadin di Kendari yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kadin Indonesia, Rabu (30/6/2021).

Jokowi menjelaskan, hari ini rencana penerapakan PPKM Mikro Darurat tersebut akan difinalisasi oleh tim khusus yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan kemungkinan hanya berlaku selama dua pekan.

Dirinya menjelaskan, PPKM Darurat dibahas setelah jumlah kasus Covid di Indonesia terus naik secara eksponensial, sehingga tingkat keterisian rumah sakit juga terus meningkat.

Ia menampilkan peta wilayah Jakarta Barat sebagai contoh, di mana pada peta itu terlihat kalau hampir seluruh wilayah di Provinsi DKI Jakarta itu masuk kategori zona merah.

"Artinya, sudah merata, sehingga memang harus ada keputusan yang tegas untuk menyelesaikan masalah ini," ujarnya.

Seperti diketahui, informasi tentang rencana pemerintah memberlakukan PPKM Mikro Darurat telah beredar sejak kemarin akibat lonjakan kasus Corona yang signifikan. Satgas Covid-19 bahkan menyebut, saat ini Indonesia sedang menghadapi gelombang kedua pandemi Covid-19, setelah yang pertama mencapai puncaknya pada Januari 2021 lalu.

Gelombang kedua terjadi di Indonesia karena saat ini, dalam sepekan maupun dalam satu hari, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 jauh melampaui puncak gelombang yang pertama.

Dari draf aturan PPKM Darurat yang beredar di kalangan media, diketahui kalau selama PPKM Darurat diberlakukan, pemerintah akan menerapkan work from home (WFH) 75% di zona merah, sementara kegiatan sekolah tatap muka, seni budaya, sosial kemasyarakatan, dan peribadatan ditiadakan selama PPKM Darurat diberlakukan.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Wahyu Praditya P