Netral English Netral Mandarin
11:44wib
Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) mengaku sudah menyelesaikan 24 masalah yang tertunda ke Badan Anti Doping Dunia (WADA). Pemerintah berencana memberikan vaksin Covid-19 booster pada masyarakat.
PPKM Diperpanjang, Eko: Berbahagialah Mereka yang Bergaji Bulanan, Merataplah yang Mengais Rezeki di Jalanan

Selasa, 10-Agustus-2021 13:20

Eko KLuntadhi
Foto : FB/Eko Kuntadhi
Eko KLuntadhi
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo memutuskan kembali memperpanjang PPKM hingga tanggal 16 Agustus 2021. 

Keputusan ini ditanggapi akan mengakibatkan dampat berat bagi masyarakat bawah. 

Pegiat media sosial Eko Kuntadhi juga ikut memberikan cuitan mengenai hal ini. 

“Berbahagialah mereka yang dapat gaji bulanan. Merataplah mereka yang mengais rezeki di jalanan,” kata Eko Kuntadhi, Selasa 10 Agustus 2021.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi memperpanjang pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM level 4 dan 3 sampai 16 Agustus 2021.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan evaluasi PPKM di Jawa dan Bali setiap satu minggu sekali. Sedangkan di luar Jawa Bali tiap satu atau dua minggu sekali.

Ia mengatakan semua pertimbangan sudah diambil berdasarkan masukan para ahli. "Rekomendasi di Jawa Bali akan berbeda dengan di luar," kata Luhut pada Senin, 9 Agustus 2021.

Ia mengatakan perpanjangan sejak 2 Agustus menunjukkan data yang menggembirakan. Ia mengatakan kasus Covid terus turun. "Namun, sesuai instruksi Presiden, hal ini harus terus dijaga, sehingga pembatasan diperpanjang hingga 16 Agustus," kata Luhut.

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, mengatakan ada tiga indikator yang jadi alasan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. Yaitu indeks kesehatan, ekonomi dan dinamika sosial.

"Hal ini tentunya dapat berubah di waktu yang sangat cepat. Maka kami harus melihat langkah-langkah dan mengevaluasi secara berkala tiap minggunya berdasarkan acuan WHO yang kami ikuti," kata Jodi, Ahad, 8 Agustus 2021. Makanya, pemerintah, kata dia, selalu mengukur kebijakan PPKM setiap minggu.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sesmawati