Netral English Netral Mandarin
14:27wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Prabowo Bentuk Pasukan Khusus, Abdillah Toha: Menteri Istimewa, Tak Mau Kalah Dengan Presiden...

Minggu, 11-April-2021 16:20

Salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Abdillah Toha
Foto : Istimewa
Salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Abdillah Toha
18

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Abdillah Toha menyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai menteri istimewa lantaran memiliki pasukan khusus yang mengawal dirinya. 

Sentilan itu dilontarkan Abdillah mengomentari langkah Prabowo membentuk Detasemen Kawal Khusus Kementerian Pertahanan (Denwalsus Kemenhan).

Abdillah menyebut, pembentukan pasukan khusus itu menunjukkan Prabowo tidak mau kalah dengan Presiden yang memiliki Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres).

"Prabowo Bentuk Pasukan Khusus Pengawal Menhan. Menteri istimewa. Tidak mau kalah dengan presiden dan Paspampresnya," tulis Abdillah di akun Twitternya, seperti dilihat netralnews.com, Minggu (11/3/2021).

Sebelumnya diberitakan, pembentukan  Denwalsus Kemenhan diungkap oleh ajudan Menhan Prabowo, Rizky Irmansyah di akun Instagram pribadinya @rizky_irmansyah, Jumat (9/4/2021).

Rizky mengunggah sebuah video prajurit berbaret sedang berbaris. Dalam keterangan unggahan itu, Rizky menyampaikan bahwa pasukan tersebut merupakan Denwalsus Kemenhan yang dibentuk Prabowo Subianto.

"Mereka adalah Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) Kementerian Pertahanan yang dibentuk oleh Menteri Pertahanan Pak Prabowo Subianto. Mereka dilatih, ditempa, dididik di Batu Jajar Pusdiklat Kopassus di Jawa Barat," tulis Rizky.

Rizky menjelaskan, tugas dari pasukan khusus itu adalah untuk mengawal Prabowo, tamu-tamu VVIP yang tengah berada di lingkungan Kemenhan, hingga bertugas untuk upacara penyambutan jajar kehormatan tamu-tamu negara.

"Denwalsus ini bertugas untuk mengawal serta menjaga keamanan Kementerian Pertahanan, Menteri Pertahanan, tamu-tamu khusus Kementerian Pertahanan dan juga upacara penyambutan jajar kehormaran tamu tamu negara," jelasnya.

"Pasukan ini diseleksi dan dipilih langsung oleh Menteri Pertahanan, tiap tiap personel dibekali kemampuan penjagaan serta pengawalan VVIP, pola penyambutan tamu dalam serta luar negeri dan tentunya kemampuan lain yang tak bisa saya jabarkan," pungkas Rizky.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati