Netral English Netral Mandarin
11:25wib
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan dunia berada di jalur bencana lantaran pemanasan global yang terus berlangsung. Uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim agung usulan Komisi Yudisial (KY) di Komisi III DPR akan digelar pada pekan depan.
Presiden bakal Beri Tanda Kehormatan kepada 325 Nakes yang Gugur Akibat Covid-19

Kamis, 12-Agustus-2021 11:15

Presiden Jokowi
Foto : Istimewa
Presiden Jokowi
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo kembali akan memberikan Bintang Mahaputera Adipradana kepada para tokoh yang dianggap berjasa bagi negara, dan juga memberikan Tanda Kehormatan Tahap IV kepada ratusan dokter dan tenaga kesehatan (Nakes) yang gugur dalam menangani pandemi Covid-19.

Hal ini diungkap Menko Polhukam Mahfud MD melalui akun Twitter-nya, @mohmahfudmd, Kamis (12/8/2021).

"Pemerintah akan menganugerahkan Bintang Mahaputra dan Tanda Jasa kepada beberapa orang yang dianggap berjasa dan berprestasi. Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar dan mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata I Gede Ardika akan dianugerahi Bintang Mahaputra Adipradana," katanya.

"Selain itu akan diberikan juga Tanda Kehormatan Tahap ke-4 kepada 325 dokter dan Nakes lain yang meninggal dalam menangani Covid-19," lanjutnya.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menyebut, pengajugerahan Bintang Mahaputra Adipradana dan Tanda Kehormatan bagi dokter dan Nakes diberikan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-76.

"Upacara akan dilaksanakan secara hybrid yang akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Negara," ujarnya.

Data Lapor Covid-19 menyebutkan, hingga hari ini sebanyak 1.808 Nakes di Indonesia wafat akibat Covid-19. Kebanyakan dari mereka kehilangan nyawa akibat terpapar virus itu dari pasien yang dirawatnya.

Dan tak sedikit pula dari mereka yang meninggal meski telah divaksin, sehingga saat ini Kemenkes tengah memberikan vaksin dosis ketiga (booster) kepada para Nakes.

Vaksin yang diberikan adalah vaksin merek Moderna, sementara pada vaksin dosis pertama dan kedua, yang diberikan adalah Sinovac.

Dari 1.808 Nakes yang meninggal, 640 di antaranya dokter, 594 perawat, 331 bidan, 46 dokter gigi, 48 apoteker, 47 ahli teknologi lab medik, dan 2 epidemiolog.

Bintang Mahaputera Adipradana adalah tanda kehormatan Bintang Mahaputera kelas II yang diberikan kepada mereka yang secara luar biasa menjaga keutuhan, kelangsungan, dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penganugerahan Bintang Mahaputera Adipradana rutin dilakukan setiap tahun dalam rangka HUT Kemerdekaan RI. Sementara pemberian Tanda Kehormatan kepada Nakes merupakan hal baru sejak Indonesia dan seluruh dunia dilanda pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu. 

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP