Netral English Netral Mandarin
21:05wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Jumat, 01-Oktober-2021 14:30

Presiden Joko Widodo Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
Foto : Kanal YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Jumat (1/10/2021). Presiden didampingi Wapres Ma'ruf Amin.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden itu juga dihadiri oleh sejumlah pejabat negara.

Pejabat yang hadir antara lain Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti.

Kemudian Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Wapres, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden dan Ibu Wury Ma’ruf Amin.

Selain itu, upacara diikuti juga secara virtual antara lain oleh para menteri, pimpinan lembaga negara/instansi pusat, serta keluarga pahlawan revolusi, kepala daerah/forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), serta kepala lembaga yang ada di daerah.

Upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara.

Selanjutnya, Inspektur Upacara memimpin peserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para Pahlawan Republik Indonesia yang telah gugur.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, utamanya para pahlawan revolusi, mengheningkan cipta dimulai,” ucap Presiden seperti dilihat di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Kemudian, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti membacakan naskah Pancasila. Sementara naskah pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh MPR Bambang Soesatyo.

Adapun, Ketua DPR Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah Ikrar

Berikut ikrar yang dibacakan dan ditandatangani oleh Ketua DPR Puan Maharani:

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan. Baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia."

Upacara ditutup dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut).

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli