Netral English Netral Mandarin
21:57wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Presiden Jokowi Ungkap Makna Besar PON XX di Papua

Minggu, 03-Oktober-2021 00:05

Presiden Joko Widodo (Jokowi)  membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua,
Foto : Antara
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua,
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku bangga berada di tengah-tengah masyarakat Papua dan membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021) malam.

"Perasaan saya dan perasaan saudara- saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua, dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini," tutur Jokowi dalam sambutannya pada Pembukaan PON XX Papua yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden.

"Kita bangga membuka PON ke-XX, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua," sambung Presiden disambut tepuk tangan dan teriakan penonton yang hadir di stadion Lukas Enembe.

Kepala Negara melanjutkan, penyelenggaraan PON XX di Papua ini sekaligus menunjukkan bahwa kemajuan Papua dalam hal infrastruktur dan kemampuan menyelenggarakan acara besar di kancah nasional dan internasional.

"Pekan Olahraga ini mengambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua, dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional," ujarnya.

Selain itu, Presiden Jokowi menyebut PON ke-XX di Papua juga memiliki makna besar bagi rakyat Indonesia, yakni sebagai panggung persatuan, kebersamaan, persaudaraan, kesetaraan dan panggung keadilan.

"PON ini juga besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. PON ini adalah panggung persatuan, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan. PON ini adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai NKRI," ungkap Presiden.

Untuk itu, Presiden mengajak semua pihak untuk merayakan ajang olahraga nasional ini dengan penuh sukacita sekaligus  mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Marilah kita rayakan PON ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, serta persatuan dan kesatuan bangsa," tuturnya.

"Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita tunjukan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON ke-XX ini," jelas Presiden.

Setelah memberikan sambutan, Presiden Jokowi secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua secara resmi saya nyatakan dibuka,” kata Presiden. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli