Netral English Netral Mandarin
17:32wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Presiden Negara Lain Vokal Soal Pelestina, Tokoh Papua Ini Sebut di Indonesia Menlunya Disuruh Lobi Sana-sini

Sabtu, 15-Mei-2021 06:30

Christ Wamea
Foto : Istimewa
Christ Wamea
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pegiat media sosial (medsos), Christ Wamea dalam akun Twitter pribadinya menyoroti beberapa presiden negara Islam yang berbicara situasi Palestina.

Berbeda dengan di Indonesia, menurut Christ, hanya di Indonesia dimana presiden tak bersikap langsung, tapi melalui Menteri Dalam Negeri, Retno Marsudi yang mengatakan sikap Indonesia.

"Dinegara lain presidennya sendiri yg tampil bicara ttg situasi palestina. Tapi klu di Indonesia Menlu yg disuruh lobi sana sini," kata Christ dalam akun Twitternya.

Sebelumnya Presiden Jokowi menyampaikan sikap atas situasi di Palestina yang disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Presiden RI telah menyampaikan posisi tegas Indonesia bahwa tindakan Israel mengusir warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, dan menyerang warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa, merupakan tindakan yang tidak dapat dibiarkan," kata Menlu Retno.

"Presiden juga menyampaikan bahwa Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak DK PBB untuk mengambil langkah nyata terhadap pelanggaran yang terus dilakukan oleh Israel," lanjut Retno. "Indonesia akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina."

Retno menambahkan bahwa Presiden Joko Widodo mencermati perkembangan baru terkait konflik antara Israel dan kelompok Hamas di Gaza.

"Indonesia juga mengecam meluasnya ketegangan dan kekerasan khususnya di Jalur Gaza yang menyebabkan puluhan korban jiwa warga sipil yang tidak berdosa," imbuh Retno.

"Indonesia terus berusaha semaksimal mungkin di semua lini, termasuk di Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestine."

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani