Netral English Netral Mandarin
20:58wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Presiden Rouhani: Iran Mampu Memperkaya Uranium hingga 90 Persen Kemurnian

Kamis, 15-Juli-2021 04:00

Presiden Iran, Hassan Rouhani.
Foto : Daily Sabah
Presiden Iran, Hassan Rouhani.
12

TEHERAN, NETRALNEWS.COM - Iran dapat memperkaya uranium hingga 90 persen kemurnian jika diperlukan, kata Presiden Hassan Rouhani pada Rabu (14/7/2021), di tengah upaya pemulihan perjanjian nuklir 2015 yang ditinggalkan Washington tiga tahun lalu.

"Badan Energi Atom Iran (IAEO) dapat memperkaya uranium hingga 20 dan 60 persen dan jika suatu hari reaktor kami membutuhkannya, mereka dapat memperkaya uranium hingga 90 persen kemurnian," kata Rouhani saat rapat kabinet, menurut Kantor Berita Mehr.

Perjanjian nuklir Iran membatasi kemurnian fisil di mana Teheran dapat memurnikan uranium pada 3,67 persen, jauh di bawah 20 persen yang dicapai sebelum perjanjian dan jauh di bawah 90 persen yang sesuai untuk senjata nuklir.

Iran melanggar perjanjian nuklir melalui berbagai cara sejak Amerika Serikat hengkang dari perjanjian tersebut pada 2018, termasuk memproduksi uranium dengan kemurnian 20 dan 60 persen lewat pengayaan.

Reporter : Antara
Editor : Nazaruli