Netral English Netral Mandarin
06:07wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Puji Opening Ceremony PON Papua 2021, Ferdinand Hutahaean: Papua Hebat, Papua Keren, Papua Maju

Minggu, 03-Oktober-2021 11:15

Opening Ceremony PON XX Papua 2021
Foto : Istimewa
Opening Ceremony PON XX Papua 2021
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean (FH) memuji pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Ferdinand mengatakan acara pembukaan tersebut sangat luar biasa dengan atraksi penari Papua yang memukau serta permainan warna dan cahaya yang bagus.

"Saat ini saya menonton Opening Ceremony PON XX PAPUA 2021, menurutku pembukaan ini luar biasa keren. Atraksi para penari Papua dan permainan warna warni cahaya sangat bagus," tulis Ferdinand di akun Twitternya, Sabtu (2/10/2021) malam.

Tak hanya memuji, Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia (EWI) ini juga mendoakan agar perhetalan PON di Papua berjalan lancar dan sukses.

"Semoga perhelatan PON ini sukses hingga selesai," ujarnya.

Di akhir cuitannya, Ferdinand menyebutkan bahwa orang Papua hebat dan keren, serta Papua maju.

"PAPUA HEBAT, PAPUA KEREN, PAPUA MAJU..!!," cuit Ferdinand.

Opening Ceremony PON XX Papua 2021 dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kedatangan Presiden Jolowi ke Papua juga dilakukan demi meninjau sejumlah arena yang digunakan dalam perhelatan pesta olahraga nasional ke-20 itu.

Upacara Pembukaan PON XX disiarkan langsung dari Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua.

Pembukaan PON XX akan dimeriahkan oleh sejumlah musisi top Tanah Air seperti Tulus dan Ruth Sahanaya.

Selain itu, artis-artis Papua juga turut memeriahkan Opening Ceremony PON XX Papua di antaranya adalah Edo Kondologit dan Albert Fakdawer.

Adapun acara dipandu menjadi pembawa acara Raffi Ahmad pembukaan PON Papua bersama Intan Saumadina, Piter Ginuny, dan Irsa Yoku.

Opening Ceremony PON Papua tidak dibuka untuk umum karena pandemi Covid-19. Jumlah kehadiran dibatasi maksimal 25 persen dari 40.000 kapasitas Stadion Lukas Enembe, seperti yang dikutip dari Kompas.

PON XX Papua 2021 akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021.

Ada empat klaster penyelenggara PON Papua yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Sejumlah cabang olahraga (cabor) sendiri telah dipertandingkan lebih dulu di PON Papua seperti futsal dan sepak bola.

Berikut pengisi acara Opening Ceremony PON XX Papua 2021:

Penampilan Pra-acara:1. D’Uzzy2. Kaonak Group Papua

Pembawa acara pra-acara:1. Raffi Ahmad2. Intan Saumadina3. Piter Ginuny4. Irsa Yoku

Penampilan Opening Ceremony:1. Tulus2. Ruth Sahanaya3. Michael Jakarimilena4. Nowela Elizabeth Auparay5. Vien Mangku ft. Qhiba Mansawan6. Joanita Chatarine7. Papua Original8. Edo Kondologit9. Lea Simanjuntak10. Trio Papua11. Albert Fakdawer12. Oyandi Voice13. Padus Gema Chandra Universitas Cenderawasih

Reporter : Sesmawati
Editor : Sulha Handayani