Netral English Netral Mandarin
05:01wib
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memprediksi, puncak gelombang Covid-19 varian Omicron akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 202. Pemerintah mengakui kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan akibat transmisi lokal varian Omicron dalam sepekan terakhir.
Punya Gelar Adat ‘Datuk’ di Minangkabau, Terungkap Cara Faisal Didik Vanessa Angel dan Bibi

Rabu, 08-December-2021 11:40

Febri Andriansyah alias Bibi,  Vanessa Angel dan Faisal
Foto : Istimewa
Febri Andriansyah alias Bibi, Vanessa Angel dan Faisal
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Punya gelar adat ‘Datuk’ di Minangkabau, Sumatera Barat, terungkap cara Faisal didik keempat anak kandung dan menantunya. Anak pertamanya adalah Febri Andriansyah alias Bibi dan menantunya adalah Vanessa Angel. 

Faisal sebut, gelar ‘Datuk’ dianggap juga sebagai kepala suku. Tak heran sikap dari keluarganya sangat ditonton oleh lingkungan sekitar. 

“Kepala suku di Padang, Minangkabau, Sumatera Barat. Paling utama di Minangkabau adalah adab dan adat, sopan santun kepada orang tua, keluarga, saudara. Lain masalah duit,” ujar Faisal, dikutip dari perbincangannya di Youtube Melaney Ricardo, Rabu (8/12/2021). 

Pernyataan itu disampaikan Faisal menyusul pernyataan sang istri, Dewi Zuhriati yang sebut Bibi sangat dekat dan sayang dengan adik-adiknya. Keempat anak kandungnya begitu dekat, harmonis dan tidak pernah berkelahi. 

“Mereka nggak pernah berebut baju, ngga pernah apapun. Ngomong keras nggak pernah, damai,” ujar Dewi. 

“Damai, begitu saya didik anak, damai. Jangankan berantem, slek dikit saya masuk,” timpal Faisal. 

Faisal mendidik anaknya sopan pada sesama. Misalnya meminta tolong pada kakak, harus jelas menyebut “abang atau uda” bukan dengan kata “lo dan gue”. Dia bersyukur, dari hal sederhana itu, anak-anaknya bisa saling menghormati. 

“Saya ngomong sama anak, kamu harus jelas kalau panggil uda atau abang, jelas, harus sopan. Jelaskan, minta tolong, sama siapa? Yang jelas caranya. Alhamdullilah anak damai,” tegas Faisal. 

Didikan lainnya adalah pesan untuk bersikap baik pada siapa saja. Faisal akui, Vanessa alami perubahan drastis, salah satunya berkat didikan darinya. 

“Itu memang saya tekan. Setiap minggu saya ke rumah, kalau ada Vanessa saya bilang. Dia cerita soal papa nya, apapun. Saya pesan kita harus berbuat baik ada siapapun. Jangankan keluarga, sama orang lain juga harus berbuat baik,” terang Faisal. 

Faisal ingatkan anak-anaknya, apa yang kalian cari di dunia. Kalau soal makan, bisa didapat, tetapi yang terpenting adalah harus selalu berbuat baik, tidak merendahkan dan mengecilkan orang, serta sopan. 

“Saya juga sering bawa rendang, walau Cuma empat potong tapi saya punya niat baik agar anak bisa makan. Saya pesan sama Vanessa, kamu nggak boleh gitu sama papa kamu. Syukur kamu punya papa kaya gitu. Gimana pun itu papa kamu,” kenang Dewi. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati

Berita Terkait

Berita Rekomendasi