Netral English Netral Mandarin
18:41wib
Kasus Covid-19 di Indonesia kembali menunjukkan adanya tren peningkatan. Polisi tidak menilang pengendara mobil-mobil mewah yang sengaja berhenti di Tol KM 02.400 Andara (Jalan Tol Depok-Antasari), Minggu (23/1/2022).
Putu Ayu Kue Tradisional Khas Indonesia, Cocok untuk Cemilan Sore Hari di Akhir Pekan, Ini Resepnya

Sabtu, 27-November-2021 13:30

Kue Putu Ayu
Foto : Istimewa
Kue Putu Ayu
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Putu Ayu adalah kue basah yang termasuk ke dalam jajanan tradisional khas Indonesia.

Kue ini  memiliki tekstur yang empuk dan lembut, mirip seperti bolu tapi lebih ringan yang dimasak dengan cara dikukus dan diberi parutan kelapa.

Putu Ayu ini baiasanya berbentuk seperti mangkok. Setelah dikukus saat diangkat dari kukusan Putu Ayu pasti mengeluarkan aroma pandan yang harum semerbak sehingga membuat siapa saja yang menciumnya pasti ingin segera memakannya.

Putu Ayu memang masih banyak dijumpai dijual di pasaran dengan rasa yang beragam, tapi tidak ada salahnya kan jika Anda sesekali mencoba membuatnya sendiri dengan resep terpercaya di bawah ini. Yuk simak bahan dan cara membuat Putu Ayu seperti yang dikutip dari Baca Resep Dulu.

Bahan-bahan- 250 gram tepung beras- 200 ml air mendidih- 25 ml air daun suji (30 lembar daun suji + 3 lembar daun pandan)- ½ sdt garam- 150 gram gula merah, iris halus- 100 gram kelapa sedang, parut

Cara membuat1. Alasi dandang dengan kain bersih, kukus tepung beras selama 1 jam. Angkat, seduh air mendidih, aduk dengan sendok kayu sampai bisa dipegang tangan. Masukkan air daun suji, remas-remas adonan sampai rata.

2. Masukkan adonan dalam saringan kawat, tekan dan digosok-gosok dengan tangan sehingga adonan keluar dalam bentuk butran, campurkan kelapa parut dan garam.

3. Masukkan adonan dalam cetakan tekan hingga setengahnya. Bei 1-2 sdt irisan gula merah, isi kembali dengan adonan tepung, tekan hingga penuh, jangan terlalu padat.

4. Kukus ± 30 menit sampai seluruhnya matang. Keluarkan dari cetakan dan hidangkan.

Reporter : Sesmawati
Editor : Sulha Handayani

Berita Terkait

Berita Rekomendasi