3
Netral English Netral Mandarin
04:31 wib
Partai Demokrat memecat sejumlah kader yang dianggap terlibat dan mendukung gerakan pengambilalihan kepemimpinan partai atau kudeta. Pertumbuhan jumlah orang kaya raya atau crazy rich di Indonesia diproyeksi bakal melampaui China seiring dengan proses distribusi vaksin Covid-19 dilakukan.
Ratusan WNA China Diizinkan Masuk, TZ: Perlakuan Timpang, Padahal Sedang PSBB Jawa - Bali

Senin, 25-January-2021 15:45

Ratusan WNA China masuk ke Indonesia.
Foto : PR
Ratusan WNA China masuk ke Indonesia.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Tokoh oposisi Tengku Zulkarnain menyoroti kabar soal kedatangan 153 Tenaga Kerja Asing asal China yang masuk lewat Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu (23/1/2021). Menurut mantan Wasekjen MUI tersebut, ada perlakuan timpang dari pemerintah karena menanggap TKA asal Cina tersebut bukanlah WNA yang dilarang masuk ke Indonesia seperti peraturan yang diterbitkan pemerintah.

“Perlakuan Timpang.

"Saat PSBB Jawa-Bali, 153 TKA China Masuk Lewat Bandara Soekarno Hatta..."

Komentar tidak ada.

Cuma :"Cuih...!"

Tetap Fokus Kasus Maling Bansos.

Siap, Madam...?” tulis Tengku Zul di akun Twitternya, Senin (25/1/2021).

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia membenarkan ada 153 warga negara China yang tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (23/1/2021).

Hal ini disampaikan Kasubbag Humas Ditjen Imigrasi Ahmad Nursaleh menanggapi isu kedatangan tenaga kerja asing ( TKA) asal China yang beredar di media sosial.

"Pada Sabtu, 23 Januari 2021 telah mendarat pesawat China Southern Airlines dari Guangzhou dengan membawa 171 penumpang yang terdiri 153 WN RRT (Republik Rakyat Tiongkok) dan 18 WNI," kata Nursaleh, Senin (25/1/2021).

Nursaleh mengatakan, sebanyak 153 WNA China itu terdiri dari 150 orang dengan izin tinggal terbatas (Itas) dan izin tinggal tetap (Itap), serta tiga orang pemegang visa diplomatik. "Seluruh penumpang asing yang mendarat tersebut masuk dalam kategori orang asing yang diizinkan masuk ke Wilayah Indonesia berdasarkan SE Dirjen Imigrasi tentang pembatasan sementara masuknya orang asing ke wilayah Indonesia dalam masa pandemi Covid-19," kata Nursaleh.

Ia menambahkan, para penumpang pesawat tersebut juga telah diperiksa kesehatan dan dokumen keimigrasiannya. "Setelah lengkap selanjutnya diarahkan oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 menuju tempat karantina," ujar Nursaleh.

Sebelumnya, beredar isu yang menyebut ada ratusan TKA asal China yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Berdasarkan foto yang tersebar di media sosial, orang-orang yang disebut TKA itu tampak mengenakan alat pelindung diri saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani