Netral English Netral Mandarin
04:01wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur, Bisa Jadi Pilihan Menu Makan Siang di Akhir Pekan, Begini Cara Membuatnya

Sabtu, 09-Oktober-2021 12:12

Rawon daging Sapi
Foto : Istimewa
Rawon daging Sapi
18

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jika Anda pernah berkunjung ke kota-kota besar di Jawa Timur, seperti Surabaya, Jombang dan sekitarnya, Anda dapat melihat banyak depot-depot restoran di pinggir jalan yang menyajikan Rawon Daging.

Rawon daging merupakan salah satu kuliner khas dari Jawa Timur. Bentuknya berupa sup berwarna hitam, ditaburi daging berbumbu dan umumnya disajikan untuk melengkapi nasi panas. Warna hitam dari sup rawon dihasilkan dari buah kluwek,  selain memberi warna kehitaman juga memberi rasa gurih yang khas.

Menu rawon dilengkapi dengan irisan daging, nasi, sambal dan tauge. Rawon ini dapat disajikan kapan saja, sebagai sarapan, makan siang atau makan malam. Anda ingin mencoba membuat Rawon sendiri di rumah? Yuk kita coba resep berikut ini, seperti yang dikutip dari Baca Resep Dulu

Bahan-Bahan:- 500 gr daging sandung lamur- 1000 cc air- 1 lembar daun salam- 4 lembar daun jeruk purut- 1 batang serai, dimemarkan- 3 buah kluwek, ambil daging buahnya (cicipi, pilih yang tidak pahit)- 2 batang daun bawang, potong 2 cm- 3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:- 3 siung bawang putih- 1 cm kunyit- 1 cm lengkuas- 1 sdt ketumbar- 1 sdt merica bulat- 1 sdt asam- 2 buah cabai merah- 5 butir bawang merah- 3 butir kemiri sangrai

Cara membuat1. Potong daging bentuk dadu, rebus hingga lunak dan airnya tersisa 1 liter2. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, lalu masukkan serai, daun jeruk dan daun salam3. Masukkan ke dalam rebusan daging4. Rebus terus dengan api sedang sampai rasanya meresap pada dagingAngkat, hidangkan dengan taburan daun bawang segar.

Ada berbagai varian sajian Rawon, misalnya disajikan dengan daging gepuk yang terpisah, ditambah tauge dan tempe goreng, hingga paru goreng. Tambahkan berbagai bahan pelengkap tersebut sesuai selera dan sajikan bersama nasi putih. Selamat mencobanya di rumah.

Reporter : Sesmawati
Editor : Nazaruli