Netral English Netral Mandarin
20:58wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Revitalisasi Pasar Senen Blok VI Mangkrak, Pedagang Resah Kios Sementara Jauh dari Nyaman

Rabu, 22-September-2021 06:00

Kios Sementara Pedagang Pasar Senen Blok VI
Foto : Istimewa
Kios Sementara Pedagang Pasar Senen Blok VI
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pedagang Pasar Senen Blok VI resah. Pasalnya, selama tiga tahun menempati kios sementara yang kecil dan tak nyaman, kepastian pembangunan proyek Pasar Senen Blok VI belum ada kepastian.

Padahal, pada bulan Maret 2021 lalu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah melakukan groundbreaking pembangunan pasar khusus tas, sepatu dan pakaian tersebut.

Dengan kondisi kios saat ini, baik pedagang dan pembeli merasa tak nyaman untuk berbelanja. Demikian ditegaskan Anggota Tim Pedagang Pasar Senen Blok VI, Reinhart Panjaitan.

Reinhart menambahkan para pembeli enggan mampir ke kios para pedagang karena tempat sementara tidak dilengkapi parkir kendaraan bermotor. Jika mereka memaksakan memarkirkan kendaraannya, bakal ditindak petugas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat.

"Yang menjadi keresahan kami tidak adanya progres pembangunan pasar itu. Tidak ada kami pegang itu," kata Reinhart, Selasa (21/9/2021).

Sementara Ketua Tim Pedagang Pasar Senen Blok VI Husdin Nainggolan mempertanyakan mangkraknya proyek tersebut. Pasalnya, sekitar 2.200 pedagang di Pasar Senen Blok VI sudah merasa tidak nyaman berdagang di tempat sementara.

"Dengan ini kami mohon kepada pak Gubernur supaya memperhatikan pasar kami,” kata Husdin.

Husdin juga menagih janji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyatakan proyek tersebut bakal rampung selama 18 bulan pasca groundbreaking. Namun selama enam bulan kemudian, proyek tak kunjung ada perubahan dan alat berat didiamkan di lokasi.

"Kenyataannya pasar seperti ini, sudah masuk bulan September 2021. Jadi, kami melihatnya bagaimana ini pasar kami ini, sebab pedagang juga sudah resah," ujar Husdin.

Dalam kesempatan itu, Husdin juga meminta kepada Anies dan Direktur Utama Perumda Pasar Jaya untuk melihat kondisi proyek saat ini. Para pedagang berharap, agar proyek dapat segera diselesaikan karena tempat sementara dinilai tidak layak untuk dipakai.

"Pedagang namanya penampungan yah kondisinya begini, untuk parkir kendaraanpun tidak ada. Tapi yang kami sesalkan ini sudah tiga tahun kami di tempat penampungan, masak kami terus-terusan di sini," katanya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menghadiri kegiatan groundbreaking Pasar Senen Blok VI pada Rabu, 10 Maret 2021. Pembangunan ini diharapkan dapat menghadirkan ikon baru sentra perdagangan di Ibu Kota, selain pasar Tanah Abang.

Anies mengatakan, groundbreaking tersebut merupakan rencana yang telah diupayakan oleh Pemprov DKI Jakarta dan baru bisa direalisasikan saat ini. Adapun target penyelesaian pembangunan pada kuartal kedua tahun 2022.

Ia menyebutkan bahwa kawasan ini sangat vital karena berada dalam area transit oriented development (TOD).

"Jadi, Insya Allah tahun depan kita bisa berkumpul kembali di sini untuk sama-sama menghadiri proses peresmiannya. Tadi ada satu yang disampaikan tentang ini sebuah konsep transit oriented development, dan kita di Jakarta sedang menggeser pola pembangunan yang awalnya hanya berbasis car oriented development,” jelas Anies.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani