Netral English Netral Mandarin
09:33wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
RG Disomasi PT Sentul City , RS: Belajarlah Menunjuk Hidung Sendiri Sebelum Menunjuk Hidung Orang Lain

Kamis, 09-September-2021 11:21

Politikus Ruhut Sitompul
Foto : Twitter
Politikus Ruhut Sitompul
22

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Politisi PDIP Ruhut Sitompul (RS) ikut mengomentari kasus yang menimpa aktivis Rocky Gerung (RG) yang disomasi oeh PT Sentul City Tbkĺ.

"Rocky menggerung gerung disomasi PT Sentul City Tbk masalah lahan yg ditempati bukan miliknya," tulis Ruhut Sitompul di akun Twitternya, Kamis (9/9/2021).

Tak lupa pula, mantan Politisi Partai Demokrat Ini juga memberi nasihat  dan mengingatkanRocky Gerung agar selesaikan masalah sendiri dulu jangan ungkit-ungkit masalh orang lain

"Nasehat Aku utk RG belajarlah menunjuk hidung sendiri sebelum menunjuk hidung orang lain Paten MERDEKA," ujar Ruhut.

Seperti diberitakan aktivis Rocky Gerung disomasi oleh PT Sentul City Tbk yang akan membongkar rumah Rocky di Blok 026 Kampung Gunung Batu RT 02 RW 11 Kelurahan Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Pendamping hukum Rocky, Haris Azhar mengatakan, PT Sentul City memberikan waktu 7x24 jam kepada Rocky untuk pembongkaran.

"Memberikan waktu 7x24 jam apabila tidak membongkar dan mengosongkan maka akan meminta bantuan Satuan Polisi Pamong praja untuk merobohkan dan menertibkan bangunan-bangunan," kata advokat Lokataru ini saat dihubungi, Rabu, (8/9/2021), seperti yang dikutip dari Tempo.co.

Ancaman itu tertuang dalam surat somasi PT Sentul City terhadap Rocky. Total ada dua surat somasi yang dikirimkan terpisah pada 28 Juli dan 6 Agustus tahun ini.

Menurut Haris Azhar, ada tiga poin yang dipaparkan dalam surat somasi. Pertama, memperingatkan Rocky bahwa PT Sentul City pemilik sah tanah seluas 800 meter persegi di Kampung Gunung Batu RT 02 RW 11 Kelurahan Bojong Koneng. PT Sentul City mengakui tanah tersebut bermodalkan sertifikat hak guna bangunan (SHGB) Nomor 2411 dan 2412.

Poin kedua bahwa akan ada tindakan tegas atas dugaan tindak pidana jika Rocky memasuki wilayah tersebut. PT Sentul City mengacu pada pasal 167, 170, dan 385 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang ancaman hukumannya maksimal tujuh tahun penjara.

Poin ketiga soal ancaman merobohkan bangunan dengan meminta bantuan Satpol PP jika Rocky tak segera mengosongkan huniannya.

 

Haris mengutarakan, kliennya membeli tanah di Kampung Gunung Batu RT 02 RW 11 Kelurahan Bojong Koneng pada 2009. Penguasa tanah fisik sebelumnya, lanjut dia, mengantongi surat garapan.

 

Dia menyebut pihak lain tak bisa mengklaim kepemilikan tanah itu secara sepihak. Sebab, dalam hukum pertanahan terdapat prosedur mengajukan kepemilikan, yakni menguasai fisik.

 

"Sampai di sini pertanyaannya, bagaimana mungkin Sentul City bisa kuasai secara hukum dengan memiliki HGB tanpa pernah kuasai fisik," terang dia.

Haris melanjutkan, PT Sentul City juga tak pernah menemui atau meminta tanda tangan Rocky Gerung saat pengukuran tanah oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Reporter : Nazaruli
Editor : Sesmawati