3
Netral English Netral Mandarin
13:17 wib
Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri dugaan korupsi Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dalam sejumlah proyek infrastruktur lainnya di Sulsel. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan program vaksinasi mandiri atau gotong royong tidak ditujukan untuk komersil.
Ribka Tjiptaning Dirotasi dari Komisi IX Ke VII, RH: Sayang, Sangat Punya Pengalaman

Selasa, 19-January-2021 10:00

Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun (RH)
Foto : Istimewa
Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun (RH)
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun (RH) menyayangkan Politisi PDIP Ribka Tjiptaning yang dirotasi dari komisi. Ribka yang tadinya berada di Komisi IX yang membidangi masalah kesehatan, digeser ke Komisi VII yang membidangi masalah energi. 

 

Diketahui RH, Ribka baru-baru ini bersuara menolak Vaksin Sinovac, komentari pengangkatan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan dan menyindir bisnis di bidang kesehatan. Bagi RH, Ribka memiliki pengalaman di komisi tersebut, apalagi Ribka memiliki latar belakang pendidikan di bidang kesehatan. 

 

"Sayang ya. PDIP tidak berkenan rupanya seorang Ribka tetap bercokol di komisi kesehatan dan memindahkannya ke komisi energi," kata RH, dikutip dari pernyataan di kanal Youtubenya, Selasa (19/1/2021).

 

Ribka disebut bukan orang yang tidak paham dengan vaksin karena dia merupakan seorang dokter. 

 

Dipahami RH ada keraguan dan kekhawatiran terkait keampuhan vaksin. Di sisi lain ada ketakutan pada risiko atau efek samping pasca divaksin. 

 

"Di Norwegia ada yang meninggal karena di vaksin, meski bukan Vaksin Sinovac melainkak Pfizer. Padahal Pfizer tingkat efikasinya lebih tinggi daripada Sinovac," ujar dia.

 

Menurutnya, keraguan dan ketakutan dari masyarakat dan Ribka tidak bisa disepelekan. Pasalnya masyarakat juga takut ada efek samping yang bisa berdampak pada kematian. 

 

"Maka Ribka santai bilang, yang disuntik ke Jokowi bukan Sinovac. Ini soal trust, keraguan dan ketakutan. Bukan masalah ringan," tegas dia. 

 

Harap RH, pihak yang ragu dan takut tidak dihadapi dengan otoriter melainkan dengan sosialisasi yang baik. Pasalnya, orang tentu akan melihat efek samping pada mereka yang sudah vaksinasi terlebih dahulu. 

 

Dincotohkan RH misalnya Raffi Ahmad dan Ariel Noah. Masyarakat disebut akan melihat dampak pada selebriti yang sudah vaksinasi, apabila baik dan sehat saja ada kemungkinan mendorong orang lain mengikuti vaksinasi secara sukarela.

 

"Karena toh akhirnya orang berpikir bahwa vaksinasi itu akan menyelamatkan mereka dari Covid. Bukan sebaliknya, vaksinasi akan membuat mereka sakit dan beresiko kematian," kata RH.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati