Netral English Netral Mandarin
16:05 wib
Sejumlah ahli mengkritik penerapan alat deteksi Covid-19 GeNose karena masih tahap ekperimental. Belum bisa dipakai dalam pelayanan publik khususnya screening Covid-19. Polri menegaskan akan menindaklanjuti kasus rasisme yang dialami mantan komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai. Diketahui, Pigai menjadi korban rasis yang dilakukan Ambroncius Nababan.
Risma Urus Gelandangan, DS: Kenapa Pendukung @aniesbaswedan yang Kepanasan? Takut...

Jumat, 08-January-2021 14:23

Risma Urus Gelandangan, Denny sebut Kenapa Pendukung @aniesbaswedan yang Kepanasan? Takut...
Foto : Istimewa
Risma Urus Gelandangan, Denny sebut Kenapa Pendukung @aniesbaswedan yang Kepanasan? Takut...
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meminta Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta untuk memeriksa pengemis yang ditemukan Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, di kawasan Jl Sudirman-Jl Thamrin.

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengutip perintah dari Anies Baswedan.

"Pak Gubernur langsung perintahkan kepada Kadinsos DKI untuk mengecek siapa orangnya, kenapa ada di situ," desak Ariza sapaan akrab Ahmad Riza Patria, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (6/1).



Pegiat media sosial Denny Siregar merasa tergelitik. Melalui akun Twitternya, Jumat (8/1/21), ia mengatakan: "Herman (heran, red) gua.. Bu Risma lagi urus gelandangan, kenapa pendukung @aniesbaswedan  yang kepanasan?? Takut ya kalian?"

Sementara sebelumnya diberitakan, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, juga mengaku heran dengan keberadaan tunawisma yang ditemukan Mensos Risma lokasinya tidak jauh dari Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kantor Kecamatan Tanah Abang, bahkan dekat dengan Balai Kota DKI Jakarta maupun DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih dan Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Bahkan Ariza mengaku sebagai pribumi sejak kecil usia empat tahun tinggal di Jakarta sampai sekarang menduduki jabatan Wagub DKI, rupanya dia baru dengar ada tunawisma di Jl Sudirman-Jl Thamrin.

Ariza mengaku, sudah puluhan tahun hidup dan tinggal di Jakarta, namun belum pernah mendengar ada tunawisma hidup di kawasan protokol Jl Sudirman - Jl Thamrin ruas jalan yang dilintasi sejumlah pejabat tinggi negara termasuk Presiden RI, Joko Widodo.

"Saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur empat tahun baru dengar ada tunawisma di Jl Sudirman dan Jl Thamrin," kata Ariza.

Dia tidak memungkiri di DKI Jakarta memang ada tempat-tempat yang mungkin dijadikan tempat tinggal para tunawisma. Tapi tempat tersebut biasanya berada di pinggir kota Jakarta, tidak langsung berada di tengah kota seperti di Jl Sudirman - Jl Thamrin.

"Kalau ada (tunawisma) di pinggiran-pinggiran (kota) itu betul. Juga di kolong jembatan betul ada," ungkapnya.

Namun hal tersebut juga tidak hanya terjadi di Jakarta. Di kota-kota besar di Indonesia, bahkan di negara lain pun memiliki masalah yang sama seperti Jakarta soal tunawisma.

Isu mengenai tunawisma di DKI Jakarta kembali mencuat setelah aksi blusukan Mensos Risma di sejumlah wilayah di Jakarta. Salah satu yang paling menarik perhatian netizen adalah adanya gelandangan di jalan protokol kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (4/1).

Risma menemukan gelandangan kemudian menghampiri dan mengajak berdialog.

"Ikut saya ya pak, nanti saya carikan balai. Nanti ada temannya banyak, mereka masih bisa mulung. Saya bantu cari kerjaan supaya bisa makan dan bisa tidur, ndak kehujanan," kata Risma dinukil Mediaindonesia.com.

 

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto