Netral English Netral Mandarin
11:24wib
Pemerintah akan mengubah tata laksana penggunaan obat untuk para pasien Covid-19 guna mengantisipasi virus corona varian Delta berdasarkan usulan lima organisasi profesi kedokteran. Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di sejumlah wilayah kabupaten/kota tertentu mulai 3 hingga 9 Agustus 2021.
Rizal Ramli: BuzzeRp Sampah Demokrasi, Dibayar Pejabat Minim Prestasi dan Koruptor

Selasa, 15-Juni-2021 23:30

Rizal Ramli
Foto : Istimewa
Rizal Ramli
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ekonom senior Rizal Ramli mengungkapkan bahwa ada 100 ribu pendengung bayaran (BuzzeRp) yang digerakkan untuk menyebar 1 juta narasi di media sosial (medsos) setiap harinya.

"Dengan 100.000 buzzeRP, digerakkan oleh Pembina dan InfluenceRP, 1 juta tweets, IG, FB per hari. Kesannya super kuat (emoji tertawa)," tulis Rizal Ramli di akun Twitternya, Selasa (15/6/2021).

Narasi yang disebarkan buzzeRp, kata Rizal, yakni menyerang pihak yang berseberangan dengan pemerintah atau oposisi serta memuji para donaturnya.

"Puji selangit yang bayar, hancurkan oposisi dengan bullying dan serangan pribadi," cuit mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman itu.

Menurut Rizal, pihak yang membayar buzzeRp adalah para pejabat yang minim prestasi dan koruptor.

"Inilah sampah demokrasi, yang dibayar oleh pejabat-pejabat minim-prestasi dan koruptor," tegasnya.

Pada cuitan lainnya, Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur itu mengatakan jika buzzeRp menyebarkan opini-opini sesaat dan menciptakan ilusi-ilusi bohong.  

"BuzzeRP ternakan banyak (100.000an). Kalau didiemin mereka merajalela dengan opiini-opini sesat, ciptakan illusi-ilusi bohong," kata @RamliRizal.

Rizal juga menyebut kalau masyarakat yang menginginkan perubahan dan perbaikan jauh lebih banyak dari buzzeRp, namun karena tidak terorganisir sehingga kritik, ide atau gagasan yang dimunculkan tidak semasif narasi-narasi yang dibuat buzzeRp.

"Mayoritas bangsa kita ingin perubahan dan perbaikin, tapi reaksi-nya sporadik, tidak terorganisir dan tidak masif. Mari kita masifkan di sosmed," ungkapnya.

Sementara buzzeRp walaupun jumlahnya hanya sekitar 100 ribu orang, lanjut Rizal, namun mereka bisa membuat 1 juta illusi dan kebohongan dalam sehari, karena setiap orang ditugaskan memproduksi 10 ilusi dan kebohongan per harinya.

"BuzzeRP hanya 100.000 tapi setiap orang harus produksi illusi dan kebohongan 10x per hari. Ancer-ancer 1 juta/hari. Itulah kesan kuat (emoji tertawa)," pungkas Rizal Ramli.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P