Netral English Netral Mandarin
07:08wib
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan melaporkan Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan pencemaran nama baik. Bupati Kolaka Timur (Koltim) Andi Merya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK.
Rizal Ramli: Indonesia di Titik Jungkal, Didorong Sedikit Dia Terjungkal

Minggu, 18-Juli-2021 07:00

Rizal Ramli
Foto : Istimewa
Rizal Ramli
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ekonom senior Rizal Ramli menilai bahwa kondisi Indonesia saat ini berada dalam tipping point atau titik jungkal.

"Suasana hari ini itu dalam istilah manajemen, namanya Indonesia berada di tipping point atau titik jungkal. Baik karena alamiah dia terjungkal atau karena didorong sedikit dia terjungkal," kata Rizal seperti dikutip netralnews.com dari kanal YouTube Refly Harun, Sabtu (17/7/2021).

Dalam sejarah, lanjut Rizal Ramli, tipping point tidak mungkin terjadi kalau kondisi objektif dan subjektifnya belum matang.

"Perubahan itu selalu terjadi kalau kondisi subjektifnya sudah matang, kondisi objektifnya dari kacamata organisasi dan network sudah matang gitu," ujar mantan Menko Kemaritiman itu.

Rizal menyebut, ada dua persoalan yang membuat bangsa ini berada dalam titik jungkal. Pertama, ekonomi Indonesia yang kian merosot.

"Kenapa saya katakan bangsa kita ini sudah di tipping point, titik jungkal? Karena ekonominya sudah merosot sebelum Covid, dan dengan Covid semakin menjadi-jadi kemerosotan," ucap dia.

Persoalan kedua, menurut Rizal Ramli, yakni ketidakmampuan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

"Yang kedua terlihat jelas setelah 1,5 tahun Covid ini, pemerintah ini tidak mampu menyelesaikan, mengurangi dan mengatasi masalah Covid," jelas mantan Menko Perekonomian saat Pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P