Netral English Netral Mandarin
20:17wib
Hingga matchday kedua Euro 2020 (Euro 2021) terdapat satu negara yang sudah dipastikan tersingkir dari ajang sepak bola antarnegara paling bergengsi di Benua Biru yaitu Makedonia Utara. Indonesia sedang didera lonjakan kasus Covid-19 di sebagian besar daerah. Peningkatan kasus ini terlihat dari keterisian tempat tidur di rumah sakit oleh pasien Covid-19.
Rizal Ramli ke Megawati: Mbak, Utang Ugal-ugalan Ini Sudah Masuk Debt Trap

Senin, 12-April-2021 14:42

Ekonom senior Rizal Ramli
Foto : Istimewa
Ekonom senior Rizal Ramli
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ekonom sekaligus Mantan Menteri Rizal Ramli meminta kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno buat menangani kebijakan Presiden Joko Widodo buat merevisi kebijakan utang.

Sebab, kata Rizal pemerintah saat ini sudah mengalami fase jebakan utang. Apalagi, langkah itu berbanding lurus dengan cita-cita pendiri bangsa Soekarno.

"Mbak Mega @PDI_Perjuangan  ini utang sudah ugal2an, sudah masuk perangkap utang (debt trap) - bertentangan dgn Trisakti dan prinsip kemandirian yg diajarkan Bung Karno ! Banyak cara2 alternatif utk mengurangi utang. Tapi kalau tidak mau dan tidak mampu, harus ada cara lain," tulisnya seperti dilansir di Jakarta, Senin (12/4/2021).

Rizal Ramli mensisipkan berita media daring yang diambil dari 13 tahun silam. Berikut beritanya.

Sebelumnya, nota keuangan dan RAPBN 2010 yang disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih bertumpu pada utang luar negeri. Pemerintah terlalu takut untuk melepas utang sebagai sumber pendapatan APBN.

Demikian disampaikan Capres dari PDIP dan Gerindra, Megawati Soekarnoputri dalam diskusi membedah RAPBN 2010 di Megawati Institute, Jl Proklamasi, Jakpus.

"Pada saat saya memerintah, saya coba menghentikan hutang. Saya pikir kok nggak kiamat ya waktu itu. Coba tahanlah (utang), kalau butuh betul barulah. Tapi sekarang kayanya kok mabok ya," kata Mega.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Nazaruli