Netral English Netral Mandarin
00:54 wib
Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 yang dilaporkan melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19 per Minggu (17/1) pukul 12.00 WIB bertambah 11.287. Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih gelar juara turnamen Yonex Thailand Open 2021 setelah menyingkirkan pasangan tuan rumah.
RK Minta Pertanggungjawaban Soal Kekisruhan HRS, Mahfud MD Mengaku

Rabu, 16-December-2020 20:00

Menko Polhukam Mahfud MD
Foto : Istimewa
Menko Polhukam Mahfud MD
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menkopolhukam Mahfud MD memberikan tanggapan terkait pernyataan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK). RK meminta Mahfud MD bertanggungjawab atas kekisruhan yang berlarut-larut terkait Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS).

"Siap, Kang RK. Sy bertanggungjawab," kata Mahfud, dikutip dari cuitannya, Rabu (16/12/2020).

Mahfud lantas mengaku, dirinya yang umumkan HRS diizinkan pulang ke Indonesia. Pasalnya HRS punya hak hukum untuk pulang. 



Mahfud juga mengaku, dirinya yang umumkan HRS boleh dijemput dengan tertib dan sesuai protokol kesehatan. Bahkan Mahfud mengaku, dirinya juga yang meminta HRS untuk diantar sampai ke kediaman di Petamburan.

"Sy jg yg mengumumkan HRS blh dijemput asal tertib dan tak melanggar protokol kesehatan. Sy jg yg minta HRS diantar sampai ke Petamburan," ujar Mahfud. 

Pernyataan ini disampaikan Mahfud menanggapi pernyataan RK atau yang biasa akrab disapa Kang Emil. 

Kang Emil beropini secara pribadi, bahwa kekisruhan berlarut terkait HRS dimulai sejak adanya keterangan dari Mahfud. Kang Emil sebut, penjemputan HRS ini diizinkan oleh Mahfud. 

Menurut Kang Emil, pernyataan itu timbil tafsir dari ribuan orang yang datang ke Bandara bahwa selama tertib dan damai boleh menjemput HRS. Sejak itu terjadilah kerumunan yang dinilai Kang Emil luar biasa. 

Maka dari itu Kang Emil meminta pertanggungjawaban dari Mahfud. Kang Emil meminta tidak tidak hanya para kepala daerah yang dimintai klarifikasi soal kekisruhan HRS.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati