Netral English Netral Mandarin
21:00wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Rocky Gerung Bangun Narasi Sedang Berjuang Melawan Oligarki, Denny: Mau Ketawa tapi Takut Kentut

Jumat, 24-September-2021 10:28

Rocky Gerung dan Denny Siregar
Foto : Istimewa
Rocky Gerung dan Denny Siregar
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Denny Siregar menuding bahwa kasus yang membelitnya soal sengketa tanah dengan Sentul City, membuat Rocky Gerung membangun narasi sedang berjuang melawan oligarki.

“Rocky Gerung itu jelas2 bangun rumah diatas tanah garapan. BPN juga udah bilang kalo sertifikat tanah itu milik Sentul City,” kata Denny Siregar, Jumat 24 September 2021.

“Lha kok narasinya dia sedang berjuang melawan oligarki? Mau ketawa, tapi takut kentut,” imbuhnya.

Sementara sebelumnya, Akademisi sekaligus filsuf sekarang mulai memikirkan untuk membela rakyatnya terkait dengan sengketa tanah dengan sejumlah korporasi.

Menurutnya, permasalahan sengketa tanah ini sangat membuthkan kesediaan pemerintah (political will) untuk membantu rakyatnya yang kesulitan dalam kasus sengketa tanah.

Rocky gerung menyebut bahwa sudah ada sekitar 90 persen kasus yang dilaporkan kepada Komnas HAM menyangkutt tentang sengketa tanah.

Hal tersebut diungapkan oleh Rocky Gerung dalam video yang diunggah oleh anggota DPR Fadli Zon pada Sabtu (18/9/2021).

"Jadi, poin saya selalu mumpung presiden masih punya sisa tiga tahun, dia lakukan hal yang betul-betul keinginan rakyatnya. Bukan keinginan oligarki, itu dasarnya," unhkap Rocky Gerung.

Lebih lanjut Rocky Gerung meyakini bahwa Presiden Jokowi saat ini tengah diuji apakah ia akan memilih untuk dikenang sebagai seorang pahlawan rakyat atau pahlawan untuk penguasa (oligarki).

"Dia diuji sebetulnya. Mau meninggalkan legacy (warisan) bahwa dia dipilih oleh rakyat atau dia akan dikenang sebagai boneka oligarki atau sekadar petugas partai," paparnya

Sementara secara terpisah, Fadli Zon juga datang ke Bojongkoneng dengan status sebagai wakil rakyat daerah pemilihan (Dapil) Bogor.

“Ya karena saya angota DPR yang dipilih di Dapil Bogor, saya datangi kawan saya dan juga sekaligus menampung aspirasi warga di sini," kata Fadli Zon.

Ternyata Fadli Zon tidak hanya mendatangi rumah Rocky Gerung saja, tetapi ia juga melakukan pertemuan dengan RT, RW, tokoh masyarakat dan juga sejumlah warga yang mengaku sudah lama bertempat tinggal di Bojongkoneng.

Dari hasil pertemuannya itu, Fadli mengungkapkan bahwa banyak warga Bojongkoneng yang ingin segera mendapatkan sertifikat atas tanah yang mereka tempati.

“Jumlahnya ada banyak, ribuan kali. Saya juga minta kepada mereka untuk mengumpulkan bukti-bukti, karena mereka juga membayar PBB. Ada juga yang tinggal di sini sejak 1935 sepuluh tahun sebelum Indonesia Merdeka,” ucapnya lebih lanjut.

Kemudian Fadli berharap agar pemerintah bisa segere menyelesaikan persoalan ini karena saat ini sudah ada program sertifikasi lahan.

“Berikanlah hak mereka, jangan ada sebuah keistimewaan bagi korporasi. Kita bukan anti investasi, tapi kan warga juga memiliki hak,” tutur Fadli dinukil Poskota. 

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Nazaruli