Netral English Netral Mandarin
20:16wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Rocky Gerung Tuding Interpelasi Formula E Pesanan Oligarki dan Upaya Jegal Anies Jadi Presiden

Selasa, 31-Agustus-2021 08:12

Pengamat politik Rocky Gerung
Foto : Istimewa
Pengamat politik Rocky Gerung
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat politik Rocky Gerung menuding interpelasi yang diajukan Fraksi PDIP dan PSI DPRD DKI Jakarta terhadap Gubernur Anies Baswedan terkait pegelaran Formula E merupakan pesanan oligarki.

“Soal Formula E ini yang bekerja itu Formula O, Formula Oligarki. Jadi, ini interpelasi yang sebetulnya dipesan oleh oligarki,” kata Rocky dalam video yang diunggah di kanal YouTube Rocky Gerung Official, seperti dilihat netralnews.com, Minggu (29/8/2021).

Rocky menyebut, secara formil interpelasi memang melekat pada anggota dewan. Namun karena yang mengajukan adalah PDIP dan PSI, Rocky menilai ada kepentingan oligarki di dalamnya.

"PSI dari awal walaupun berupaya untuk seolah-olah sedang menjalankan demokrasi, ya interpelasi itu adalah hak yang melekat pada DPR, tapi interpelasi diajukan oleh siapa? Diajukan oleh PSI dan PDIP. Iya itu formilnya begitu, tapi materialnya itu adalah kepentingan oligarki," ujarnya.

Lebih lanjut, Rocky mengatakan bahwa banyak pihak menganggap kalau interpelasi itu bukan soal Formula E, melainkan upaya 'menjegal' Anies menjadi presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

"Orang dengan mudah menganggap bahwa yang diinterpelasi itu bukan soal kebijakan Formula E, tapi potensi Anies Baswedan untuk menjadi presiden,” ungkapnya.

Apalagi, lanjutnya, berdasarkan hasil survei berbagai lembaga soal Pilpres 2024, nama Anies selalu masuk dalam tiga besar kandidat calon presiden (capres). Sementara, tambah Rocky, calon dari PDIP dan PSI tak terdengar gaungnya.

"Karena survei-survei menempatkan Anies nomor satu, nomor dua, nomor tiga, di situ aja. Sementara calon PSI dan PDIP di bawah semua itu, nggak bunyi," jelas Rocky.

Karena itu, Rocky menegaskan jika interpelasi Formula E yang diajukan PSI dan PDIP hanyalah upaya untuk menggerus elektabilitas Anies Baswedan.

“Jadi ini mesti dibaca lebih jauh lagi. Interpelasi dalam upaya untuk menginterupsi elektabilitas Anies Baswedan. Kan kalau jadi heboh kan orang wah itu Anies ada problem maka elektabilitasnya turun,” tandasnya.

"Jadi interpelasi untuk elektabilitas sebetulnya dengan dibungkus bahwa ya ini hak anggota DPR untuk mengajukan interpelasi," pungkas Rocky Gerung.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli