Netral English Netral Mandarin
06:35wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Rusia Peringatkan Barat Berhenti Campuri Urusan Dalam Negeri Afghanistan

Minggu, 22-Agustus-2021 09:00

Presiden Rusia, Vladimir Putin
Foto : Istimewa
Presiden Rusia, Vladimir Putin
13

MOSKOW, NETRALNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan Barat untuk berhenti mencampuri urusan dalam negeri Afghanistan dan memaksakan nilai-nilai dari negara mereka kepada Afghanistan, menyusul jatuhnya Afghanistan ke Taliban pada Senin (16/8/2021).

Putin menyebut pemaksaan itu merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab.

Dalam sambutan panjangnya, Putin mengatakan dia berharap Taliban akan menjamin keamanan penduduk lokal serta diplomat asing, dan negara itu tidak akan pecah setelah penarikan pasukan yang dipimpin AS.

Ketika ditanya tentang intervensi negara-negara yang dipimpin AS terhadap Afghanistan, yang diluncurkan pada tahun 2001 setelah serangan teroris 9/11 di New York dan Washington DC, Putin mengatakan bahwa intervensi itu tidak bisa disebut sukses.

"Tapi bukan kepentingan kami sekarang untuk berdiri di titik ini dan membicarakan ini sebagai kegagalan. Kami tertarik dengan situasi di negara yang stabil," kata Putin di sela-sela 'pertemuan puncak perpisahan' dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, seperti dilansir The Guardians, Sabtu (21/8/2021).

Meski demikian Putin mengaku khawatir kalau militan dari Afghanistan akan mencoba menyusup ke negara-negara terdekat dengan kedok pengungsi dengan tujuan tertentu.

Rusia telah mengadakan latihan militer dengan negara-negara Asia Tengah dan dengan China dalam beberapa pekan terakhir, karena telah berkembang kekhawatiran bahwa kembalinya Taliban ke kekuasaan dapat menyebabkan bentrokan di perbatasan.

Putin menyerang dukungan Barat terhadap pemerintah Afghanistan sebelumnya, dengan mengatakan bahwa dukungan itu kontraproduktif untuk mencoba "membangun demokrasi di negara lain sesuai dengan template asing".

Pernyataan itu dengan jelas membahas perselisihan antara Moskow dan barat yang telah terjadi dalam konflik di Suriah dan Libya, dan bahkan atas protes di Rusia sendiri, karena Putin menuduh barat mendukung oposisi di negaranya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP