Netral English Netral Mandarin
18:24wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Said Aqil Minta Tolong Dibantu Sadarkan Kiai yang Tak Percaya Covid-19 dan Vaksin, Akhmad Sahal: Wapres KH Ma’ruf Amin Harusnya Proaktif Menyadarkan Mereka

Minggu, 25-Juli-2021 10:50

Pengurus Cabang istimewa NU (PCINU) Amerika Serikat Akhmad Sahal
Foto : Istimewa
Pengurus Cabang istimewa NU (PCINU) Amerika Serikat Akhmad Sahal
24

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menyebut masih ada kiai yang tidak percaya akan adanya virus corona atau Covid-19 hingga kini.

Terlebih, ia mengungkapkan kiai-kiai itu juga tidak percaya akan vaksinasi, bahkan berprasangka buruk.

"Masya Allah, tolong saya minta dibantu oleh PKB lah, bagaimana menyadarkan beberapa kiai-kiai lho ya yang masih tidak percaya dengan adanya Covid-19. Masih tidak percaya dengan vaksin, suudzon bahwa vaksin itu merupakan pembantaian massal," kata Said dalam acara Doa dan Syukur 23 Tahun PKB Aksi Melayani Indonesia yang ditayangkan secara virtual, Jumat (23/7/2021) seperti dikutip dari Kompas.com

Terkait hal itu Pengurus Cabang istimewa NU (PCINU) Amerika Serikat Akhmad Sahal meminta Wakil Presiden Maruf Amin untuk memberi pengertian kepada Kiai/ Ustaz yang tidak percaya adanya virus Corona. Kalau tidak hal ini bisa membahayakan bangsa ini dengan narasi-narasi yang seperti itu.

"Wapres KH Ma’ruf Amin harusnya  proaktif menyadarkan kyai/ ustad yg tak percaya covid dan vaksin, krn narasi semacam ini membahayakan umat dan bangsa," tulis Akhmad Sahal di akun Twitternya, Sabtu (24/7/2021).

Lebih lanjut Akhmad Sahal mengatakan dan bagi kiai yang tidak percaya tersebut juga wajib percaya kepada KH Ma’ruf karena beliau penguasa yang sah.

"KH Ma’ruf itu ulil amri, penguasa yg sah. kyai/ ustad sejati tahu bahwa mmrt syariah, taat pd ulil amri itu wajib," ujarnya

Cuitan Akhmad direspon berbagai komentar oleh netizen. Berikut rangkuman komentar netizen yang terpantau Netralnews.com, Minggu (25/7/2021).

@usepra1: Yang begini ini cuma Gus dur yg bisa menjelaskan

@50901S: Dihati mrk cuma ada rs benci nafsu yg digedein mknya g percaya dg vksin.@mpeffendi_4250: Harusnya Pak Wapres bisa bantuin kan Pak @jokowi? daripada beliau lebih sering jadi pajangan saja di istana.

@SulhanSulmey: Ini bukan soal benar adanya pak.Ini jelas tentang ketakutan.Tidak saja para kiyai dan ulama.Bahkan lapisan masyarakat yg bijak sekalipun, masih ragu dgn covid19 dan vaksin Terhadap pemerintah soal penanganan.Bahkan di fungsikan tuk bisnis elite.(True)

@lucky_hafner: Orang2 ( kiyai2 , siapapun ) yg bersikap negatif terhadap norma2 diruang publik untuk kebaikan umum mereka semua diberi tau atau tidak sama saja ...mereka tidak akan mau bersikap positif akan kemaslahatan orang banyak .

Reporter : Sesmawati
Editor : Sulha Handayani