Netral English Netral Mandarin
19:44 wib
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan vaksinasi COVID-19 kedua kalinya masih dengan vaksin Sinovac yang dilaksanakan di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (27/1/2021). Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru. Pelantikan ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.
Penunjukan Sandiaga Uno sebagai Menparekraf, Begini Kata Asita Sumut

Kamis, 24-December-2020 06:00

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno
Foto :
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno
10

MEDAN, NETRALNEWS.COM - Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut menyebut, penunjukan Sandiaga Salahuddin Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), karena memiliki resep dalam memulihkan sektor pariwisata nasional di tengah pandemi COVID-19. 

"Saya yakin, beliau memiliki resep khusus pulihkan pariwisata Indonesia. Setidaknya membangkitkan pariwisata nusantara, karena tingkat kunjungan wisatawan mancanegara terhenti akibat COVID-19," ujar Ketua Asita Sumut, Solahuddin Nasution di Medan, Rabu (23/12/2020). 

Ia menyebut, latar belakang Sandiaga merupakan pengusaha sukses, profesional, memiliki wawasan yang luas, dan jaringan internasionalnya, tetapi dekat dengan masyarakat di Tanah Air semasa tahapan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. 



Pihaknya mengharapkan Menparekraf Sandiaga usai ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo bisa melakukan tindakan penyelamatan bagi sektor pariwisata yang kini sedang sekarat dihantam pandemi virus corona. 

"Kunjungan wisatawan mancanegara saat ini belum memungkinkan, karena negara-negara yang selama ini menjadi sumber asal wisatawan ke Indonesia masih menutup perbatasan. Belum mengeluarkan visa untuk tujuan perjalanan wisata," terangnya. 

Pihaknya menganggap Menparekraf Sandiaga yang menggantikan Wishnutama Kusubandio pasti lebih memahami industri pariwisata, terutama pelaku usaha setelah badai COVID-19 menerpa hampir satu tahun lamanya. 

"Kita berharap paket-paket stimulus digelontorkan pemerintah ke depan lebih terarah, dan terukur. Menyentuh semua lapisan pelaku usaha jasa di sektor pariwisata dalam meningkatkan perekonomian," tutur dia. 

"Tidak terkecuali usaha biro perjalanan wisata, karena selama pandemi ini belum mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah," ungkap Solahuddin.

Reporter : Nazaruli
Editor : Nazaruli