Netral English Netral Mandarin
03:16wib
LSI Denny JA menilai, PDI Perjuangan berpotensi akan mengalami kekalahan jika mengusung Ketua DPR Puan Maharani sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia menegaskan fasilitas kesehatan di Indonesia bisa tumbang dalam 2-4 minggu jika pengendalian pandemi tidak diperketat.
Sang Pembela Ahok Itu Telah Meninggal usai Bertarung Melawan Covid-19, Pesannya Menyayat Hati

Sabtu, 15-Mei-2021 08:55

Basuki Tjahja Purnama dan Birgaldo Sinaga
Foto : Kolase Netralnews
Basuki Tjahja Purnama dan Birgaldo Sinaga
4

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sang pembela Ahok (Basuki Tjahja Purnama) Birgaldo Sinaga meninggal dunia usai berjuang melawan virus Corona, Sabtu 15 Mei 2021. 

Birgaldo dikenal sebagai aktivis kemanusiaan dan gigih mendukung Ahok saat Pilkada DKI Jakarta hingga Ahok harus menjalani pengadilan karena tuduhan penistaan Agama.

Kabar duka itu disampaikan kawan perjuangannya, Denny Siregar.

 "Pantas dari semalam aku gelisah dan tidak bisa tidur sampe sekarang. Rupanya Birgaldo Sinaga datang mengucapkan selamat jalan.. Bir.. Jancuk.. aku sedih, bir.., kata Denny Siregar.

Sebelum meninggal, ada pesan yang mengharukan dari Birgaldo Sinaga.

“I love you so much mami dan anakku Kathrine. Maafkan kalo papi selalu buat salah ya. Meniggalkan kalian selalu,” kata Birgaldo Sinaga.

Ia juga sempat kabarkan kondisinya ngedrop sebelum dikabarkan meninggal.

"Man teman seperjuangan.. Kondisi saya sedikit ngedrop. Nafas sesak. Batuk bercampur darah.Doakan yg terbaik ya.. Terimakasih. God bless you, Birgaldo Sinaga," kata Birgaldo.

Untuk diketahui, Birgaldo bersama  massa pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pernah melakukan aksi  di Rutan Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (10/5/2017) silam untuk memberikan kekuatan usai Ahok dinyatakan bersalah karena tuduhan penistaan agama.

 “Kita hari ini bubarkan diri, kawan-kawan untuk beristirahat dulu, tapi besok (hari ini) jam 2 siang kita akan kumpul lagi di tempat ini,” tegas Ketua Aksi, Birgaldo Sinaga dari atas mobil komando. 

Tak lupa, Birgaldo pun mengimbau massa agar membawa spanduk-spanduk yang bertuliskan agar Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab ,segera ditangkap kepolisian.

“Saya minta besok (hari ini) bawa spanduk yang bertuliskan tangkap Rizieq dan kita besok (hari ini) siap untuk bermalam di sini,” tukas dia.

Dan, seperti diwartakan detikcom, hingga Rabu (10/5) sekitar pukul 00.20 WIB, massa pro Ahok masih terlihat berkumpul sembari menggoyang-goyangkan gerbang Rutan Cipinang. Massa juga masih terlihat menyalakan lilin di depan Rutan.

Tak hanya itu, beberapa massa terlihat membawa papan bertuliskan 'save Ahok' dan 'Ahok pemimpin jujur'. Mereka juga meneriakkan "Bebaskan Ahok, bebaskan Ahok Sekarang juga."

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Wahyu Praditya P