Netral English Netral Mandarin
04:13wib
LSI Denny JA menilai, PDI Perjuangan berpotensi akan mengalami kekalahan jika mengusung Ketua DPR Puan Maharani sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia menegaskan fasilitas kesehatan di Indonesia bisa tumbang dalam 2-4 minggu jika pengendalian pandemi tidak diperketat.
Satgas Waspada Investasi Sudah Menutup 3.193 Fintech Ilegal hingga April 2021

Jumat, 07-Mei-2021 00:01

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumban Tobing.
Foto : ojk.go.id
Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumban Tobing.
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumban Tobing melaporkan bahwa pihaknya telah menutup sebanyak 3.193 fintech lending ilegal, dilakukan sejak tahun 2018 hingga bulan April 2021.

Khusus di bulan April 2021, Satgas menemukan 26 entitas investasi ilegal melakukan kegiatan sebagai, 11 Money Game; 3 Investasi Cryptocurrency tanpa izin; 1 Penyelenggara sistem pembayaran tanpa izin; 2 Penyelenggara pembiayaan tanpa izin; dan 9 kegiatan lainnya.

Menurut Tongam, saat ini juga ada beberapa entitas yang mengaku bahwa perizinan atau legalitasnya "clear and clean" dari Satgas Waspada Investasi OJK.

"Kami tegaskan bahwa Satgas Waspada Investasi tidak ada kaitannya dengan pengurusan perizinan atau legalitas kegiatan usaha, oleh karena itu masyarakat diminta tidak ikut kegiatan perusahaan yang membawa-bawa nama Satgas Waspada Investasi dalam pemasarannya," katanya.

Tongam juga mengungkapkan, ada satu entitas yang sebelumnya ditangani Satgas telah mendapatkan izin usaha yaitu Snack Video, sehingga dilakukan normalisasi atas aplikasi yang telah diblokir.

Informasi mengenai daftar perusahaan yang tidak memiliki izin dari otoritas dapat diakses di Investor Alert Portal pada www.sikapiuangmu.ojk.go.id.

Jika menemukan tawaran investasi yang mencurigakan, masyarakat dapat mengkonsultasikan atau melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 157 (WA 081157157157), email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id.

Reporter : Irawan HP
Editor : Wahyu Praditya P