Netral English Netral Mandarin
04:17wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Sebanyak 51 Orang Pelamar Calon Komisioner KND Ikuti Tahap Seleksi Selanjutnya

Sabtu, 02-Oktober-2021 14:22

Calon komisioner Komisi Nasional Disabilitas (KND)
Foto : Kemensos
Calon komisioner Komisi Nasional Disabilitas (KND)
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sebanyak 51 orang pelamar calon komisioner Komisi Nasional Disabilitas (KND) dinyatakan lolos dari tahapan seleksi kualitas secara online tanggal 26 Agustus 2021 lalu. Peserta yang lolos tahapan seleksi tersebut akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu  _profile assessment_ .

Menurut Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Terbuka Pengisian Jabatan Komisioner KND Harry Hikmat, tes ini untuk memilih 21 calon terbaik yang akan mengikuti seleksi selanjutnya berupa tes kesehatan dan wawancara. Dari 21 orang tersebut akan diusulkan Menteri Sosial sebanyak 14 orang pelamar.

“Dari calon 14 orang tersebut selanjutnya ditetapkan oleh Presiden sebanyak 7 orang komisioner terpilih. Penetapan 7 orang Komisioner tersebut melalui Surat Keputusan Presiden,” kata Harry Hikmat, yang juga Sekretaris Jenderal Kemensos, di Jakarta (2/10/2021).

Pansel Terbuka Pengisian Jabatan Komisioner KND beranggotakan Harkristuti Harkrisnowo, Angkie Yudistia, Mimi Mariana Lusli dan Siswadi. Pansel bekerja untuk melaksanakan amanat Pasal 134 UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, dan Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2020 tentang Komisi Nasional Disabilitas.

Menurut Harry Hikmat, calon pelamar  Komisioner KND ada 1.291 orang. Dari jumlah tersebut, 169 orang dinyatakan lulus administrasi, dan mereka semua berhak mengikuti Seleksi Kualitas secara online tanggal 26 Agustus 2021 yang lalu.

“Namun begitu, ada peserta yang tidak mengikuti seleksi Kualitas secara online dengan berbagai alasan dan ada yang meninggal dunia sebelum Seleksi Kualitas dilaksanakan,” katanya.

Seleksi Kualitas secara _online_ yang dilaksanakan tanggal 26 Agustus 2021, didahului dengan melakukan _technical meeting_ sebanyak 2 kali. Hal ini untuk membantu calon peserta seleksi dapat memahami lebih awal tentang sistem _Computer Assisted Test_ (CAT), dan terbiasa menggunakan aplikasi berbasis _online_  dalam melaksanakan tes, termasuk bagi penyandang disabilitas netra dan ragam disabilitas lainnya.

“Tes tersebut terdiri dari pilihan berganda juga penulisan makalah,” katanya.

KND merupakan lembaga non struktural yang bersifat independen dan mempunyai tugas melaksanakan pemantauan, evaluasi dan advokasi pelaksanaan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Reporter : Nazaruli
Editor : Nazaruli