Netral English Netral Mandarin
02:12wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan hanya membuka akses enam pintu masuk kedatangan perjalanan internasional untuk WNI. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan ada kemungkinan turis mancanegara bisa kembali mengunjungi Indonesia pada 2022 mendatang.
Sebut Kritikan BEM UI Bentuk Ekspresi, Jokowi Tampar Keras Penjilat Penguasa

Rabu, 30-Juni-2021 14:45

Presiden Jokowi
Foto : Istimewa
Presiden Jokowi
18

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo akhirnya memberikan tanggapan atas kritik yang disampaikan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) mengenai dirinya yang disebut The King of Lip Service.

Presiden mengatakan, kritikan yang disampaikan BEM UI merupakan bentuk ekspresi mahasiswa. 

"Terakhir ada yang menyampaikan The King of Lip Service, ya saya kira ini bentuk ekspresi mahasiswa. Karena ini negara demokrasi ya kritik itu boleh-boleh saja," kata Jokowi dalam keterangan pers di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/6/2021). 

Menurut Jokowi, kampus tidak perlu menghalangi mahasiswa dalam menyampaikan ekspresi mereka. Namun, dia mengingatkan bahwa Indonesia memiliki budaya tata krama dan sopan santun. 

Relawan Kesehatan Indonesia (Rekan Indonesia) menilai pernyataan Presiden Jokowi terkait kritikan The King of Lip Service sukses menampar barisan penjilat penguasa.

"Statement Jokowi yang memperbolehkan mahasiswa mengkritik dirinya adalah tamparan keras untuk para penjilat penguasa dan pencari muka dihadapan penguasa," kata Ketua Nasional Rekan Indonesia Agung Nugroho dikutip dari unggahan akun Facebook pribadinya, Rabu (30/6/2021).

Dalam keterangan pers di YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi juga menyinggung sederet julukan dan sebutan yang pernah diberikan kepadanya. 

"Itu kan sudah sejak lama ya. Dulu ada yang bilang saya ini klemar-klemer. Ada yang bilang saya itu plonga-plongo. Kemudian ganti lagi ada yang bilang saya ini otoriter," kata Jokowi.

"Kemudian ada yang ngomong saya ini bebek lumpuh. Dan baru-baru ini ada yang ngomong saya ini bapak bipang," sambungnya.

Sebelumnya, BEM UI mempublikasikan postingan berjudul Jokowi:The King of Lip Service di akun media sosial mereka. 

Dalam postingan tersebut, BEM UI mengkritik Presiden Jokowi yang kerap kali mengobral janji. 

Postingan itu juga menyindir sejumlah janji dan keputusan Jokowi, mulai dari rindu didemo, revisi UU ITE, penguatan KPK, dan rentetan janji lainnya.

Usai unggahan tersebut viral, pihak Rektorat UI langsung melakukan pemanggilan kepada 10 mahasiswa pada hari Minggu (27/6/2021).  

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi (KIP) UI, Amelita Lusia mengatakan, pemanggilan itu merupakan bagian dari langkah pembinaan.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sesmawati