Netral English Netral Mandarin
10:10wib
Pemerintah Indonesia kritik Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang luput menyoroti kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di negara-negara maju. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin pada Sabtu (25/9/2021) dini hari.
Sejumlah Public Figure Kontra dengan “Ikoy-ikoy”: Bagai Pengemis, Memperburuk Mental Bangsa, Hingga Buat Nyesek!

Rabu, 04-Agustus-2021 10:40

Nana Mirdad sindir pemberihan ikoy-ikoy an.
Foto : Instagram.
Nana Mirdad sindir pemberihan ikoy-ikoy an.
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Muncul pro dan kontra dari public figure terkait aksi “Ikoy-ikoy” yang dicetuskan oleh Influencer Arief Muhammad. “Ikoy-ikoy” sendiri merupakan aksi berbagi rezeki dan kebahagiaan yang dilakukan melalui media sosial. 

Caranya, warganet mengirimkan Direct Message kepada Arief, untuk selanjutnya akan ditransfer sejumlah uang. Uang ditransfer oleh asisten Arief, M Rizqi Fadhilah yang akrab disapa Ikoy. Sontak, banyak warganet menagih “Ikoy-ikoy” pada idolanya di media sosial. 

Aksi ini lantas menuai pro dan kontra di kalangan public figure dengan followers yang banyak di media sosial. Ada yang melakukan aksi “Ikoy-ikoy” serupa dengan berbagi, namun ada juga yang kontra dengan aksi tersebut. Sebut saja Artis Chelsea Olivia, Nana Mirdad, serta Kekasih Deddy Corbuzier, Sabrina Chairunnisa. 

Chelsea Olivia: Bagai Pengemis 

Istri dari Artis Glenn Alinskie itu menegaskan bahwa dirinya tidak akan mengikuti trend “Ikoy-ikoy”. Alasannya, dia tidak mau mengajarkan para followersnya untuk meminta-minta. 

“Saya tidak mau mengajarkan untuk followers saya menjadi orang minta-minta yahh (pengemis)...,” tulis ibu dua anak itu, dikutip dari unggahan Instagram Stroynya baru-baru ini. 

Chelsea mengajak masyarakat Indonesia membuat sebuah trend yang baik. Menurutnya jangan malah melakukan hal memalukan yang dibuat viral. 

Nana Mirdad: Memperburuk Mental Bangsa 

Istri dari Artis Andrew White ini mengaku, dirinya menerima ratusan DM yang meminta “ini dan itu”. Nana mengaku justru khawatir dan meminta maaf apabila mengecewakan karena tidak melakukan “Ikoy-ikoy”. 

Menurut Nana, setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam memberi. Nana justru mendorong para pengikutnya di media sosial untuk selalu berusaha, tanpa mengharapkan banyak bantuan gratis dari orang yang tidak dikenal. 

Nana percaya, saat ini banyak yang sedang membutuhkan bantuan sandang dan pangan yang lebih tepat dijadikan fokus untuk diberikan bantuan. Dirinya juga tidak nyaman dengan kegiatan menghambur-hamburkan uang, barang elektronik, atau kosmetik yang non esensial secara gratis demi ikut-ikutan trend saat ini. Apalagi bila setelahnya di tunjukkan di media sosial. 

“Waduh... It might be fun for a lot of people but menurutku ini bisa memperburuk mental bangsa kita kedepannya... Ayo masyarakat Indonesia jangan punya mental minta ini minta itu ke orang, dilatih untuk kerja keras dan punya semangat yang gigih untuk bisa dapetin yg kita maU... Kalian pasti bisa,” jelas wanita yang berdomisili di Bali ini. 

Sabrina Chairunnisa: Bikin Nyesek 

Kekasih Master Corbuzier ini sebelumnya sempat heran, karena DM nya penuh dengan paksaan “Ikoy-ikoy”. Dia kemudian menyampaikan dua hal yang ingin disampaikan.

Pertama, dia mengajak pengikutnya untuk belajar empati karena neneknya baru saja meninggal dunia dan ayahnya sedang berjuang melawan Covid-19. Dia saja mengaku belum bisa kembali membuat konten, karena masih belum bisa semangat 100 persen. 

Kedua, dia dan content creator manapun memiliki cara tersendiri untuk berbagi. Sedari dulu dia juga sudah diajarkan oleh orang tua soal hal tersebut. Tetapi cara berbagi dan sedekah setiap orang berbeda-beda, maka dari itu dia meminta tidak dipaksa.

“...saya masih dalam masa BERKABUNG? Nyesek lho baca dm doa doa baik ketumpuk sama yg maksa maksa main ikoy2 an. Be wise PLEASE,” tegas wanita yang hobi gym dengan Master Corbuzier ini. 

Lebih lanjut dia mengaku tidak masalah pada siapapun yang mau berbagi dan dengan cara apapun, termasuk dengan trend “Ikoy-ikoy”. Tetapi untuk warganet dia mengajak untuk bisa memanusiakan manusia dan melihat situasi dan kondisi yang tengah dihadapi orang lain. 

Menganggapi hal ini, Arief sebelumnya sempat bersuara untuk menyampaikan permintaan maaf. Infulencer yang juga pengusaha kuliner itu menegaskan tidak pernah menyuruh orang untuk menagih ke artis atau influencer favorit. “Jadi kalau kalian (artis atau influencer) terganggu, maafin ya,” sambung dia. 

”Yang ditagihin followersnya untuk ikoy-ikoyan, gue minta maaf ya,” ujar Arief saat mengetahui ada pihak yang kontra dengan aksi berbagi melalui “Ikoy-ikoy”. 

 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani