Netral English Netral Mandarin
01:26wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Selain Menjadi Penghilang Kantuk, Berikut Manfaat Kopi Bagi Rambut

Kamis, 07-Oktober-2021 07:30

Kopi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut.
Foto : Cafein
Kopi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Kopi umumnya diminum untuk penghilang rasa kantuk. Namun, baru-baru ini viral di sosial media penggunaan shampo dengan dicampurkan bubuk kopi untuk mengatasi kerontokanrambut. 

Beberapa orang memang mengklaim bahwa hal tersebut benar dapat mengurangi rontok pada rambut mereka. 

Tidak banyak penelitian yang mendukung penggunaan kopi pada rambut. Namun beberapa ilmuwan mengatakan kafein pada kopi dapat memperbaiki kerusakan rambut.

Berikut beberapa manfaat penggunaan kopi pada rambut dilansir dari Health Line.

Menekan hormon kerontokan dan mambantu pertumbuhan rambut

Kerontokan rambut bisa terjadi pada siapa saja seiring bertambahnya usia. Ada alasan mengapa kasus kebotakan bisa terjadi pada pria. Hal ini disebabkan ketika hormon seks dihidrotestosteron (DHT) merusak folikel rambut. 

Biasanya kebotakan ini akan terjadi pada pria diatas umur 50 tahun. Tidak dapat dipungkiri kerontokan rambut juga bisa terjadi pada wanita. 

Melalui sebuah studi tahun 2007 menujukkan bawa kandungan kafein yang ada di kopi dapat membantu pertumbuhan pada rambut. 

Dikatakan bahwa kafein memiliki stimulan yang dapat menghasilkan akar rambut yang panjang dan lebar. 

Kafein juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Hal ini dapat membantu pertumbuhan rambut mrnjadi lebih cepat dan kuat.

Membuat menjadi lebih kuat dan sehat

Kopi kaya akan antioksidan, antioksidan inilah yang juga bermanfaat bagi rambut. Merawat rambut rusak secara teratur dengan kopi memungkinkan sifat antioksidan untuk memperbaiki dan mencegah kerusakan lebih lanjut. 

Dengan penggunaan kopi ini juga dapat membantu menghilangkan penumpukan kotoran pada rambut, menyeimbangkan kembali tingkat pH rambut dan kulit kepala, melembutkan dan menghaluskan rambut kering dan keriting.

Jika Anda ingin mencoba khasiat dari shampo kopi ini, kamu dapat membuatnya dengan cara yang mudah:

Campurkan 1 sdm bubuk kopi murni (tanpa gula) dengan shampo

Usap pada tangan hingga menjadi pasta

Aplikasikan pada rambut dan diamkan selama 1-3 menit

Bilas rambut hingga bersih merata 

Reporter : Kalingga Murda
Editor : Sulha Handayani