Netral English Netral Mandarin
21:26wib
Enam belas tim telah memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) usai berlangsungnya matchday terakhir penyisihan grup, Kamis (24/6) dini hari WIB. Sejumlah daerah di provinsi Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta masuk kategori zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi penularan virus corona (covid-19) dalam sepekan terakhir
Selain untuk Penyembuhan Demam Berdarah, Ini Manfaat Jambu Biji Lainnya

Rabu, 05-Mei-2021 12:20

Konsumsi jambu biji untuk menyehatkan pencernaan.
Foto : Manfaat Buah
Konsumsi jambu biji untuk menyehatkan pencernaan.
4

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Buah Jambu Biji sudah lama dikenal memiliki manfaat kesehatan. Contoh saja, jambu biji merah yang kerap dijadikan minuman untuk mempercepat penyembuhan sakit demam berdarah. Selain itu, jambu biji juga punya banyak manfaat lainnya. 

Buah yang berasal dari Amerika Tengah ini rendah kalori, tinggi serat, dan mengandung beberapa vitamin penting bagi tubuh. Melansir Medical News Today, kandungan nutrisi dalam 100 gram buah jambu biji antara lain: Kalori: 68 kkal Karbohidrat: 14.32 gram Gula: 8.92 gram Lemak: 0.95 gram Serat: 5,4 gram Potasium: 417 miligram Vitamin C: 228.3 miligram Vitamin A: 624 international units (IU) 

Dengan beragam kandungan vitamin, mineral, dan serat, nutrisi dalam jambu biji dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Melansir Healthline, berikut manfaat jambu biji: 

1. Menyehatkan pencernaan 

Jambu biji merupakan sumber serat makanan larut air yang baik bagi tubuh. Rutin mengonsumsi jambu biji, dapat membantu melancarkan pergerakan usus dan mencegah sembelit. Makan satu buah jambu biji dapat memenuhi 12 persen kebutuhan serat harian. 

Selain buah jambu biji, daun jambu biji juga dapat membantu kesehatan pencernaan. Studi menunjukkan, konsumsi daun jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi diare. Menurut penelitian, daun biji bersifat antimikroba, sehingga dapat menetralkan mikroba penyebab diare di usus. 

2. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Jambu biji adalah salah satu sumber vitamin C terbaik bagi butuh. Kandungan vitamin C dalam jambu biji dua kali lipat lebih banyak dari buah jeruk. Vitamin C penting untuk menjaga sistem daya tahan tubuh. Orang yang kekurangan vitamin C, rentan terkena infeksi maupun penyakit. Mengonsumsi buah yang kaya vitamin C ini, terbukti dapat mengurangi durasi pilek. Selain itu, jambu biji juga disebut punya manfaat antimikroba yang ampuh melawan bakteri dan virus jahat.

3. Membantu mengurangi berat badan 

Jambu biji adalah makanan yang ramah bagi orang yang sedang menjalani diet dan program penurunan berat badan. Kalori dalam satu buah jambu biji hanya 37 kkal. Sedangkan makan satu buah jambu bisa sudah dapat memenuhi 12 persen kebutuhan harian serat. 

Anda yang sedang menjalani program diet bisa mengonsumsi jambu biji sebagai camilan, dengan bonus nutrisi vitamin dan mineral. 

4. Meningkatkan kesehatan jantung 

Rutin mengonsumsi jambu biji dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Ahli meyakini, tingginya kalium dan serat larut dalam jambu biji dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi menunjukkan, orang yang rutin makan buah jambu biji sebelum makan, tekanan darah dan kolesterol jahatnya turun sapai 9,9 persen. 

Selain itu, makan jambu biji juga dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh sampai delapan persen. Melihat efek tekanan darah dan kolesterol jahat yang jadi faktor risiko penyakit jantung, konsumsi jambu biji secara rutin bermanfaat bagi kesehatan jantung. 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani