Netral English Netral Mandarin
04:42wib
Hampir seluruh negara di dunia meningkatkan pembatasan Covid-19 ketika kasus varian Delta melonjak, yang tidak sedikit orang menentangnya. Presiden Joko Widodo mengajak seluruh elemen bangsa bahu-membahu berupaya melawan pandemi Covid-19.
Selama Isoman, Ini yang Harus Anda Lakukan

Senin, 05-Juli-2021 14:00

Siapkan kebutuhan Anda selama Isoman.
Foto : HealthyLife
Siapkan kebutuhan Anda selama Isoman.
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -Dengan semakin banyaknya pasien Covid yang tidak bisa mendapatkan perawatan RS, isolasi mandiri sangat marak dilakukan.

Namun harus dipahami bahwa isolasi mandiri itu bukan liburan jadi anda harus selalu memonitor kondisi pasien Covid terutama dalam 1-2 minggu pertama.

Dokter RA Adaninggar, SpPD, dalam Instagramnya, Minggu, (4/7/2021), menjelaskan monitor kondisi dapat dilakukan secara mandiri maupun dibantu anggota keluarga lain bila tidak memungkinkan. 

Selalu terapkan protokol kesehatan dan lakukan isolasi mandiri dengan benar supaya tidak menulari anggota keluarga yang lain.

Perjalanan penyakit Covid kadang tidak bisa diprediksi, awalnya bergejala ringan, namun dalam perjalanan bisa mengalami perburukan, itulah pentingnya monitor kondisi dan harus di bawah pengawasan dokter sejak awal sakit.

Lapor ke dokter puskesmas setempat atau gunakan fasilitas telemedicine. Sudah banyak kejadian orang-orang meninggal di rumah karena tidak waspada sejak awal. “Covid jangan diremehkan tapi bila terdiagnosis dan termonitor sejak awal, anda akan bisa mendapatkan pertolongan tepat waktu,” ujar dr Ningz.

Ia menyarankan agar lakukan sejak awal sakit:

- makan makanan bergizi, sayur, buah, tinggi protein

- tidur cukup

- obat flu / vitamin / obat lain sesuai anjuran dokter

- latihan napas

- monitor kondisi di bawah pengawasan dokter

- berjemur

-Oksigen

Dan untuk persediaan oksigen yang sudah menipis, carilah informasi di daerah anda biasanya ada yang menyewakan karena utamakan tabung oksigen untuk yang di RS.

Sebagai alternatif atau bila ada biaya, bisa menggunakan tabung oksigen modern yang tidak perlu isi ulang karena bisa mengambil konsentrat oksigen.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati