Netral English Netral Mandarin
20:48wib
Relawan Sahabat Ganjar kembali melakukan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden 2024. Penembakan seorang ustad bernama Armand alias Alex di depan rumahnya Jalan Nean Saba, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Tangerang hingga kini masih menjadi misteri.
Semester I 2021, BUMN Minyak Ini Setor Ke Kas Negara Rp110,6 Triliun

Rabu, 01-September-2021 22:37

Ilustrasi sektor migas Pertamina
Foto : Istimewa
Ilustrasi sektor migas Pertamina
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sampai dengan semester I 2021, PT Pertamina (Persero) mampu menyetorkan pemasukan ke kas negara senilai Rp110,6 triliun.

Dari jumlah itu sebanyak Rp70,7 triliun diantaranya berupa setoran pajak, Penerimaan Negara Bukan Pajak ( PNBP ) dan dividen, yang nilainya naik hampir 10 persen dari periode yang sama tahun lalu. Sedangkan sisanya, atau Rp39,9 Triliun berupa pembayaran Pertamina kepada negara melalui pos Minyak Mentah dan Kondesat Bagian Negara (MMKBN).

Fajriyah Usman, Pjs Senior Vice President Corporate Communications and Investor Relations Pertamina, mengatakan, besaran nilai setoran ini menegaskan bahwa kondisi usaha Pertamina tetap menjanjikan meski di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Fajriyah, angka ini merupakan nilai kontribusi Pertamina dalam waktu 6 bulan terakhir. Jumlah setoran tersebut lebih dari 50 persen nilai setoran yang dilakukan Pertamina sepanjang tahun lalu sebesar Rp200 triliun.

"Kontribusi kepada keuangan negara ini terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun seiring dengan peningkatan produktivitas Pertamina," ujar Fajriyah dalam keterangannya, Rabu (1/9/2021).

Meski pandemi Covid-19 yang telah memasuki tahun kedua terus memberikan tekanan signifikan pada kinerja keuangan, namun Pertamina masih bisa membukukan laba bersih semester I 2021 sebesar USD183 juta.

"Seluruh pencapaian Pertamina ini tidak terlepas dari hasil dan manfaat restrukturisasi yang dijalankan secara solid oleh direksi dan manajemen subholding," ujar Fajriyah.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Nazaruli