Netral English Netral Mandarin
14:51wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 optimistis target capaian program vaksinasi virus corona di Indonesia akan rampung sesuai target awal pemerintah yakni pada Desember 2021. Kasus COVID-19 meningkat drastis selama seminggu terakhir. Rumah sakit hingga Wisma Atlet melaporkan bed occupancy rate yang terus meningkat.
Semuanya Ada di Indonesia, Inilah 8 Spot Diving Terbaik dan Terkenal di Dunia

Sabtu, 01-Mei-2021 21:00

Spot diving di Wakatobi, Sulawesi Tenggara.
Foto : Kemenparekraf-Shutterstock
Spot diving di Wakatobi, Sulawesi Tenggara.
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Keindahan alam Indonesia tidak ada habisnya, termasuk alam bawah lautnya. Keindahan bawah laut Indonesia bahkan telah tersiar hingga ke mancanegara yang mengundang banyak wisatawan asing mengunjunginya.

Keindahan dan kekayaan alam bawah laut di Indonesia terhampar luas, tersedia hampir di seluruh penjuru negeri. Wajar jika Indonesia disebut-sebut sebagai surga diving dunia.

Seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sabtu (5/2021), berikut rekomendasi 8 destinasi wisata bawah laut Indonesia, spot diving terbaik dunia yang wajib diselami:

Pulau Weh, Aceh

Pulau Weh memanjakan pengunjung dengan banyak populasi makhluk laut yang menyenangkan dan jarang ditemui.Seperti salah satu spot diving di Batee Tokong, yang ternyata menjadi habitat bagi berbagai macam hiu. Kemudian ada spot diving Pantee Peunateung yang menyimpan ribuan makhluk bawah laut yang indah dan rumah bagi terumbu karang. Jadi, jangan heran kita kita menemukan banyak batuan koral yang cantik di spot diving ini.

Pantai Tulamben, Bali

Pantai ini menjadi salah satu spot diving terindah di Bali, yang merupakan incaran para wisatawan dalam dan luar negeri. Selain biota laut yang masih sangat terjaga, kita bisa melihat terumbu karang yang cantik, sekaligus berenang bersama ikan warna-warni.Tidak hanya itu saja, saat menyelam di Tulamben kita juga dapat melihat langsung bangkai kapal USS Liberty yang karam.

Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Siapa bilang Pulau Komodo hanya menawarkan pemandangan perbukitan yang eksotis? Jika menjelajahnya lebih jauh, kita bisa melihat pemandangan bawah laut yang indah di Pulau Komodo.Terletak di jantung segitiga terumbu karang Asia Pasifik, tentu tidak heran Taman Nasional Komodo menjadi salah satu surga bawah laut terkaya di dunia. Kita akan melihat keindahan terumbu karang tiada dua, hingga beragam spesies ikan yang cantik di bawah permukaan airnya.Menariknya lagi, di Taman Nasional Komodo kita bisa berinteraksi dengan ikan pari manta, hiu, hingga dugong yang berhabitat di sana. Tidak heran jika Taman Nasional Komodo menjadi spot diving favorit di Indonesia.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Di Sulawesi ada salah satu spot diving terbaik di Indonesia, yaitu di Wakatobi. Tidak main-main, Wakatobi dikenal sebagai kawasan Karang Penghalang (Barrier Reef) terbesar di Indonesia. Bahkan, keindahan karang Wakatobi berada di posisi kedua dunia setelah Great Barrier Reef di Australia.Di bawah laut Wakatobi ada sekitar 942 spesies ikan dan 750 spesies terumbu karang yang bisa kita lihat dengan sangat dekat. Menariknya lagi, Wakatobi juga menjadi salah satu habitat dari lumba-lumba, penyu, hingga paus.

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan menyimpan keindahan bawah laut yang sangat indah. Bukan hanya satu-dua pulau, namun Kepulauan Derawan memiliki 31 pulau dengan keindahan laut yang luar biasa.Salah satu spot diving terbaik ada di Pulau Derawan. Memiliki hamparan pasir putih, air laut yang biru jernih, serta pesona bawah laut yang indah, menjadi paket lengkap bagi kita yang ingin menyelami Pulau Derawan.Selain Pulau Derawan, ada salah satu spot menyelam dan snorkeling yang tak kalah menarik di Kepulauan Derawan, yaitu Pulau Kakaban. Salah satu atraksi yang menarik di sini adalah berenang bersama ubur-ubur tanpa takut tersengat.

Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Surga diving di Indonesia selanjutnya adalah Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara. Taman laut Bunaken terletak di wilayah perairan “segitiga emas”, atau berada di perairan yang menghubungkan laut Filipina, Laut Papua, dan Indonesia.Lokasi ini menjadikan Taman Laut Bunaken memiliki ekosistem bawah laut yang paling beragam di dunia, hingga menjadi hutan bakau terbesar. Bukan hanya itu saja, Taman Laut Bunaken juga menjadi rumah bagi 390 spesies terumbu karang, 90 spesies ikan, dan berbagai macam makhluk laut lainnya.

Morotai, Maluku

Spot diving terbaik di Morotai adalah sisa sejarah Perang Dunia II di bawah lautnya. Kita bisa melihat langsung sisa-sisa kapal perang yang karam, hingga berbagai pesawat perang di bawah laut Morotai.Selain itu, salah satu daya tarik menyelam di Morotai adalah kesempatan kita “berenang” bersama hiu sirip hitam. Namun, memang untuk bertemu dengan hiu sirip hitam butuh perjuangan, karena kita harus menyelam hingga kedalaman 21 meter.

Raja Ampat, Papua

Menjadi salah satu surga diving di Indonesia, tentu tidak heran jika Raja Ampat menjadi salah satu destinasi wisata bawah laut impian banyak wisatawan. Bahkan, Raja Ampat sempat menjadi spot diving terbaik dunia pada 2015 versi CNN.Wajar saja, pasalnya Raja Ampat menjadi rumah bagi 75% spesies karang yang ada di seluruh dunia. Raja Ampat juga memiliki lebih dari 1.318 jenis ikan, 699 jenis moluska, hingga 537 jenis terumbu karang. Sungguh keindahan bawah laut yang tiada tara. 

Reporter : Irawan HP
Editor : Wahyu Praditya P