Netral English Netral Mandarin
16:58wib
LSI Denny JA menilai, PDI Perjuangan berpotensi akan mengalami kekalahan jika mengusung Ketua DPR Puan Maharani sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia menegaskan fasilitas kesehatan di Indonesia bisa tumbang dalam 2-4 minggu jika pengendalian pandemi tidak diperketat.
Sentil Pendukung Rizieq, EK: Mereka Injak Hukum dengan Kelakuannya

Sabtu, 20-Maret-2021 17:40

Pegiat Media Sosial Eko Kuntadhi
Foto : Istimewa
Pegiat Media Sosial Eko Kuntadhi
27

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pegiat media sosial (medsos) Eko Kuntadi menanggapi beberapa aksi protes pendukung Rizieq saat sidang kasus Kerumunan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur.

Eko mencontohkan beberapa kejadian protes yang dilakukan pendukung Rizieq Shihab saat sidang tersebut.

"Rizieq ngeyel gak mau disidang online. Nopel Bamukmin teriak teriak di ruang sidang. Para pengacara betingkah menghina pengadilan," kata Eko dalam akun Twitternya.

"Di Ciamis, gerombolan FPI mengepung kantor Kejaksaan. Neno maksa masuk ruang sidang ngaku wartawan," lanjutnya.

Menurutnya apa yang dilakukan pendukung Rizieq telah menginjak hukum dengan Kelakuannya.

"Mereka menginjak hukum dengan kelakuannya," ujar Eko. 

Sidang dengan terdakwa Rizieq Shihab kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur pada Jumat (19/3/2021) kemarin. 

Rizieq menjadi terdakwa dalam tiga perkara, yakni kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat; kerumunan di Megamendung, Bogor; dan tes usap palsu RS Ummi Bogor.

Sama dengan sidang perdana tiga hari sebelumnya, sidang pembacaan dakwaan kali ini juga diwarnai drama karena Rizieq menolak sidang digelar secara virtual. Ia ingin hadir langsung di ruang sidang PN Jaktim, bukan dari rutan Bareskrim Polri.

Rizieq Shihab pun melakukan berbagai cara untuk menolak menghadiri persidangan.

Marahi operator penyiaran

Sebelum memasuki ruang sidang yang disediakan di rutan Bareskrim Polri, Rizieq memarahi operator penyiaran yang menyorotnya di lorong.

Awalnya perdebatan bahkan terjadi antara Rizieq dengan JPU sejak sekitar pukul 09.45 WIB di lorong menuju ruang sidang di rutan Bareskrim. Rizieq bersikeras tidak mau hadir di persidangan online tersebut.

"Kan saya tolak sidang online. Kok saya dipaksa begini?" kata Rizieq kepada pihak JPU.

Rizieq bahkan memarahi petugas penyiaran yang merekam momen-momen tersebut yang tersiar via live streaming YouTube PN Jaktim.

"Anda ngapain? Ini kan ditayangkan di ruang sidang kan? Ini lorong rutan, Anda mau menjatuhkan saya? Matikan!" ujar Rizieq kepada perekam.

"Ini lorong rutan, lorong rutan! Jangan tipu-tipu! Saya enggak mau hadir sidang online. Sampaikan ke hakim!" ucapnya sembari meninggalkan lorong tersebut.

Akibat drama penolakan tersebut, majelis hakim sempat menunggu kedatangan Rizieq di ruang sidang. Pihak JPU bahkan meminta tambahan waktu kepada majelis hakim untuk bisa membawa Rizieq masuk.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Nazaruli