Netral English Netral Mandarin
00:07wib
Lebih dari 4.300 orang telah meninggal dunia akibat "jamur hitam" di India yang umumnya menyerang pasien-pasien Covid-19. Gojek, Grab, dan ShopeeFood membantah terlibat dalam seruan aksi demo nasinonal Jokowi End Game yang berlangsung hari ini.
Serbuan “Pertanyaan Unik” Membuat Viral Warganet Jakarta dan Bekasi

Selasa, 22-Juni-2021 19:59

Serbuan “Pertanyaan Unik” Membuat Viral Warganet Jakarta dan Bekasi
Foto : Twitter
Serbuan “Pertanyaan Unik” Membuat Viral Warganet Jakarta dan Bekasi
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Jika Anda perhatikan dalam beberapa hari ini di sosial media, ada dua kejadian viral yang sedang diperbincangkan warganet Jakarta dan Bekasi.

Pertama  adanya videotron “Pertanyaan Unik” yang terpasang Gedung Menara Surdirman, Jakarta Pusat Jumat pagi (17/6).  

Kemudian yang kedua  adanya kertas gorengan dan kertas bungkus makanan yang berisi “Pertanyaan Unik” tersebar di kaki lima seputar Jakarta dan Bekasi. 

Videotron

Videotron berukuruan 24 x 12 M, mencuri perhatian pengguna jalan, dan juga warganet. Jika biasanya kita melihat videotron berisi potongan iklan video atau gambar, yang menampilkan gambar produk dan bintang iklan, kali ini hanya berisi pertanyaan-pertanyaan unik seperti “Apa Kepanjangan dari KEPO”, “Gedean mana Diskon 70% atau 50%+20%”, “Kamu di jalan atau dijalan?”, disertai QR Code kuning di bawahnya.

Dan tampaknya video ini juga ada di kota lain. Pantauan Netralnews, “Pertanyaan Unik” juga terpasang di sisi jalan utama, seperti di jl. Ahmad Yani, Bekasi.

Pengguna jalan yang sempat ditemui di lokasi juga tertarik akan fenomena ini. 

Seperti Ananda yang berbagi pengalamannya ketika melintasi kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. 

“Saya sempet mencoba QR Code yang ada di layar. Pertama pertanyaan yg muncul itu sering kita temuin di kehidupan sehari-hari, tapi kita tidak pernah berusaha mencari tahu. Dan menarik emang. Kepikiran aja naikin pertanyaan beginian jadi bikin yang liat pengen googling minimal hahaha tapi ndak ketemu” ujar Ananda.

Berbeda dengan Reza seorang warga Bekasi, juga melihat hal yang sama. “Ini buat becandaan apa gimana ya? Saya sudah coba jawab pertanyaannya setelah masuk di link QR Code, mentok di soal matematika. Pertanyaannya ngeselin ya, bingung jawabnya,” ujarnya.

Konsep videotron “Pertanyaan Unik” di Sudirman menjadi bahan perbincangan juga para warganet. 

Sebut saja akun @Bombii yang menulis,” Abis nongki cantek di FX nunggin ujan reda nih, abis reda pas lagi jalan balik malah disuruh mikir gara² ada soal di videotron depan FX ini. ni videotron ape guru Bahasa Indonesia dah? Kepengen jawab tp ga ngerti, gak ada pilihannya. Kamu tau jawabannya ga.”

Kemudian ada akun @Kaudanaku yang memosting,” Liat soal di videotron otak gua langsung ngeblank seketika,nyesel gua kenapa dulu pelajaran bahasa indo sering izin ke toilet.”

@Dezuru,” Belajar ga harus di sekolah, soal di videotron lebih nganu daripada di sekolah xi.”

@Triviana, menulis, “ Mentang-mentang gak sekolah offline jadi bikin soal di videotron biar seluruh warga tetep bisa belajar offline kapan saja dimana saja.”

Kertas Gorengan

Seperti munculnya videotron diatas, sejak Selasa pagi (22/6), warganet Jakarta dan Bekasi, serta para pejalan kaki juga dikejutkan dengan adanya “Pertanyaan Unik” tercetak di kertas gorengan dan kertas bungkus makanan yang mereka beli.

Dari twitter warganet banyak yang membagikan pengalamannya dengan menuliskan sebagai berikut:

@Egita_izkitia menulis, “Nahkan kebagian juga, kali ini soal di bungkus makanannya hitung-hitungan. Cocok buat anak SD nih kalau setiap jajan ada soal di bungkus makaannya gini, biar mereka jajan sambil belajar  etapi anak SD skrg udah belajar persenan gini belum?”

@Morethanubby,” Apanih pagi-pagi udah disuruh mikir aja sama kang gorengan, masa disuruh jawab soal di bungkus gorengannya yg macem gini? Miss, do you wanna drink tea? Atau Tea, teatea tea tea? Haish .”

Untuk menelusuri siapa yang memasang videotron dan kertas bungkus makanan viral“Pertanyaan Unik” ini, Netralnews mencoba scan QR Code yang ada di layar videotron.

Setelah itu link akan diarahkan ke situs mulaidarimanaja.com. Dimana kita akan diajak menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti yang ada di layar videotron, dan diberi 2 opsi jawaban. Benar atau salah jawaban kita, nanti akan dijawab di di email kita, setelah menjawab beberapa pertanyaannya.

Di tengah maraknya iklan digital di layar gadget kita, videotron dan kertas bungkus makanan yang mengundang social experiment atau keterlibatan orang,  akan ampuh untuk menarik perhatian traffic pejalan kaki dan warga umum, jika dikonsep dengan kreatif.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati